Sevilla99 – www.sevilla99.wordpress.com

Tentang Papa,Mama dan Vincenzo Girsano Wong Tomarere Serta Semua Yang Terjadi Di Sekitar Kami

Posts Tagged ‘Papua’

Sean kami 10 bulan….

Posted by sevilla99 pada Mei 31, 2017

18740110_10211477005259119_6777028423414101874_n

Tiada sukacita yang lebih daripada ketika seorang anak merayakan ulang tahun atau ulang bulannya,dan saya termasuk yg bersuka cita itu kemarin karena kemarin tgl 30 mei 2017,Sevilla Artanami Wong Tomarere (Sean) memasuki usia 10 bulan.

Bertambah bulan,Sean semakin besar,semakin pintar semakin menceriakan hari2 kami..

Sean kini sudah bisa makan makanan lunak, sudah makin bereaksi jika tidak suka maupun suka dan kini merangkak dan belajar berdiri..

Semoga Sean akan selalu sehat dan pertumbuhannya tanpa ada kendala berarti….

Iklan

Posted in Pribadi, Saya dan Indah | Dengan kaitkata: , , , , | Leave a Comment »

Toko Bagus Sorong,Grup Jual Beli Facebook yg ramai

Posted by sevilla99 pada Januari 8, 2015

image

Tokobagus.com adalah toko online jual beli yg sdh ganti nama menjadi olx.co.id namun bagi penduduk kota Sorong,grup jual beli yg bernama Toko Bagus Sorong ini sangat membantu untuk menjual maupun mencari barang yg dibutuhkan baik yg baru dan bekas.

Saya sebagai anggota grup ini (bahkan 2 akun facebook saya) juga sudah mendapatkan manfaat dari kehadiran grup ini yaitu beberapa barang jualan saya laku dari hasil promosi di grup ini juga terbantu ketika lapar butuh makanan tinggal hubungi penduduk kota sorong lainnya yg sedang promosi makanan jualan mereka maka diantarkan,ga perlu keluar tempat usaha untuk cari makan hehehe.

Dulu ketika saya bergabung ke grup ini,anggotanya baru sekitar 4000an orang namun kini berkembang hingga capai 14.000 lebih,artinya sekitar 30% penduduk adalah anggota grup ini,sejauh ini grup facebook yg berisikan orang sorong paling ramai adalah grup ini bahkan melebihi anggota dari grup Sorong sendiri.

Saya awalnya mengira di kota lain sekitar indonesia timur juga ada grup dengan anggota sepadat ini dengan jumlah posting lebih dari 40-60 posting jual beli tiap hari dgn puluhan bahkan ratusan orang yg komentar jual beli ternyata tidak ada yg seramai grup ini.

Saya bergabung ke grup Manokwari,Jayapura bahkan grup Toko Ambon tapi tdk seramai grup Toko Bagus Sorong ini.

Bahkan muncul juga grup-grup senama seperti Toko Bagus Sorong (sarana jual beli & tukar tambah barang ) , OLX Kota Sorong, Sorong Babe dll namun jumlah anggota tidak sepadat grup Toko Bagus Sorong ini.

Lalu lintas jual beli yang padat di grup ini menunjukkan bahwa penduduk sorong makin banyak yg melek dengan internet dan menjadikan internet sebagai tempat melakukan transaksi yg praktis tanpa perlu buka toko fisik untuk menjajakan barang jualan.

Semoga grup ini terus membawa berkat bagi semua yg bertransaksi di facebook melalui grup toko bagus sorong ini..

Posted in Tak Berkategori | Dengan kaitkata: , , , , | 1 Comment »

Desember 2014 yang tidak biasa

Posted by sevilla99 pada Desember 13, 2014

Sudah lama tidak menulis di blog ini,namun kali ini harus menulis,

Menjelang pergantian kepemimpinan negara ini dari bapak mantan presiden susilo bambang yudhoyono kepada bapak presiden joko widodo ternyata wabah sepi dalam dunia usaha di Sorong kota di mana saya tinggali ini.

Awalnya saya mengira hanya wabah sepi pelanggan karena efek pergantian presiden,ternyata sdh ganti presiden pun sepi,ah mungkin karena blm terpilih para menteri yang akan duduk di kabinet,eh ternyata tetap wabah sepinya….

Menanti bulan November dengan penuh harapan kalo perekonomian kota sorong akan membaik,ternyata oh ternyata perekonomian sorong tetap suram..mungkin juga ditambah dgn pemerintah menaikan harga bbm premium dan solar membuat daya beli masyarakat menjadi menurun..

Menanti bulan desember di mana bulan natal bagi kami yang menetap di tanah Papua,di mana bulan ini dijamin pasti usaha apa pun pasti ramai karena para pegawai negeri sipil akan menerima 2x gaji pada bulan ini juga ditambah dengan THR.

Tapi apa kenyataannya usaha saya rental ps2,service ps2 dan penjualan aksesoris ps2 tetap sunyi senyap,padahal banyak kebutuhan kami dalam menyambut Natal ini entah kue natal juga baju baru natal..

biasanya sorong yang sudah ramai dengan pondok2 natal swadaya masyarakat kota sorong pun tidak seramai tahun lalu.

Biasanya juga banyak para santa claus yang datang ke rumah-rumah untuk membawakan kado natal namun tahun ini tdk terlalu ramai bahkan banyak yang batal karena kurangnya para pendaftar.

Tahun 2014 ini benar-benar sangat tidak biasa karena entah pergi kemana keramaian Natal itu..

Posted in Tak Berkategori | Dengan kaitkata: , , , , | Leave a Comment »

Tembok Berlin di Sorong

Posted by sevilla99 pada Maret 19, 2013

Tembok Berlin ada di Papua?bukannya di Berlin sana?hahaha itu hanya nama gaul utk tembok pembatas antara pantai & daratan di wilayah kel.kampung baru dengan panjang tembok sekitar 1,5 km..gak yakin juga sih mgkin lebih panjang maklum gak petnah ngukur sih..

Tembok berlin ini mempunyai nama resmi adalah Tembok Dofior karena dekat dgn Pulau Dofior tp siapa yg tahu dengan nama itu?

Sebagian tembok berlin sedang diruntuhkan utk pembangunan tembok berlin baru untuk reklamasi pantai karena akan dibangun jalan raya 2 jalur.

Apapun namanya Tembok Berlin tetap dikenal oleh srmua warga sorong terutama untuk anak2 muda sebagai tempat kumpul & juga pacaran karrna suasana yg romantis.

Bila anda jalan-jalan ke Sorong sempatlah menyaksikan ma
tahari tenggelam dari tembok berlin..pasti sangat romantis..

Posted in Tak Berkategori | Dengan kaitkata: , , | 1 Comment »

Menyusuri Jejak Perang Dunia II di Tanah Papua

Posted by sevilla99 pada April 20, 2009

Pulau Owi dan Biak di Tanah Papua menjadi saksi ketegangan antara pasukan Sekutu danJepang selama masa Perang Dunia II. Jika dikelola dengan baik maka kedua pulau ini bisa menjadi daerah tujuan wisata sejarah sekaligus alam.

Selama Perang Dunia II berlangsung, tak bisa dipungkiri jika kekuatan pasukan Jepang begitu tangguh menguasai wilayah Asia-Pasifik. Sebelum peristiwa pengeboman Hiroshima dan Nagasaki, pasukan Negeri Matahari terbit ini menjadikan wilayah Nusantara sebagai salah satu basis pertahanannya.

Sebagai Panglima Wilayah Pasifik Barat Daya pasukan Sekutu Amerika Serikat, Jenderal Douglas Mac Arthur pun harus putar otak untuk melumpuhkan kekuatan Jepang.. Ia berpendapat untuk melumpuhkan Jepang harus diputus nadi kekuatannya pada Pulau Luzon, Filipina. Maka markas Komando Sekutu dipindah dari Brisbane, Australia, ke Hollandia, yang kini dikenal sebagai Jayapura.

Arthur berharap dengan strategi Loncat Katak (frogleap), melalui Biak dan Morotai yang ketika itu menjadi basis pertahanan pasukan Jepang, maka akan bisa merebut Filipina. Teknologi pesawat tempur saat itu, memerlukan titik-titik pengisian bahan bakar, diantaranya untuk merebut Biak yang diduduki oleh 11.000 tentara Jepang. Pasukan Dai Nippon tersebut bermarkas di goa-goa, yang saling berhubungan satu dengan lainnya.

Ia pun lalu menunjuk sebuah pulau karang yang menurutnya sangat ideal. Pulau yang sepi terpencil, tidak jauh dari Biak, relatif landai dengan tekstur karang keras berpasir, dan menyimpan air tawar. Pilihan jatuh pada Pulau Owi dan dengan target waktu gerakan pasukan Sekutu dari Papua Nugini ke Filipina harus tuntas di akhir tahun, maka pada Mei 1944 itu pula pasukan Zeni dari Sekutu dalam tempo satu minggu menyelesaikan tiga landasan pacu pesawat tempur di Pulau Owi. Hancuran karang ditebar, lalu disiram dengan air laut, maka menjadi landasan pesawat yang cukup keras.

Jika anda berkunjung ke Pulau Owi sekarang ini, masih bisa melihat sisa-sisa landasan tersebut. Meskipun memang kondisinya sudah cukup memprihatinkan. Maklum karena letaknya yang terpencil, ironisnya, Owi kini hanyalah sebuah pulau yang terlantar.

Tak puas dengan penelusuran di Pulau Owi, anda bisa menyeberang ke Pulau Biak. Di pulau ini sisa-sisa masa perang dunia II banyak yang bisa anda temui. Antara lain sisa-sisa bangkai pesawat tempur yang hancur karena ledakan, berbagai macam senjata yang dulu pernah digunakan, hingga Goa Jepang yang menyimpan cerita legenda masyarakat setempat.

Goa itu bernama Abyab Binsari yang dalam bahasa Biak berarti Goa Nenek (Abyab= Goa, Binsari = Nenek). Menurut cerita masyarakat setempat, dahulu kala dalam goa ini hidup seorang nenek tua.

Namun setelah masa Perang Dunia II, goa ini kemudian lebih dikenal sebagai Goa Jepang. Ketika perang berlangsung, tak kurang dari 3000 bala tentara Jepang di bawah komando Kolonel Kuzume memanfaatkan goa tersebut sebagai kubu pertahanan terakhir pasukan Jepang setelah hampir seluruh Pulau Biak dibombardir oleh Sekutu.

Pada tanggal 21 Juni 1944, goa ini diserang dan dibakar oleh pasukan Sekutu dari Batalyon 1 infanteri 162. Kolonel Kuzume beserta anak buahnya tewas dan terbakar dalam goa tersebut.

Untuk mengenangnya, pada tahun 1956 pemerintah Kerajaan Jepang pun membangun sebuah monumen di dekat Goa tersebut pada tahun 1956. Selain goa tersebut anda juga bisa mengunjungi sebuah museum yang dibangun untuk mengenang peristiwa pertempuran sengit Sekutu dan Jepang. Di museum ini tersimpan photo-photo, bangkai-bangkai senjata dan pecahan-pecahan granat yang dapat dilihat dan diambil gambarnya oleh wisatawan.

Pemerintah jepang juga membangun sebuah monumen perang yang diresmikan pada 24 Maret 1994. Tujuannya hanya satu, untuk memperingatkan kepada umat manusia sedunia bahwa perang adalah pembawa malapetaka yang berkepanjangan dan tidak ada untungnya bagi yang menang maupun yang kalah.

Monumen ini terletak di Pantai Paray dan hanya berjarak sekitar 7 kilometer dari pusat kota Biak. Untuk menuju kesana dapat di tempuh dengan kendaraan darat atau taksi dari kota Biak

“Bermodalkan nilai sejarah yang sangat besar inilah, maka Pulau Owi dan Biak bisa menjadi titik utama pariwisata di masa depan,” jelas Freddy Numberi, Menteri Kelautan dan Perikanan yang juga putra Papua. Tak berlebihan rasanya jika melihat keindahan alam lautnya yang sangat mempesona pulau karang ini dikelilingi oleh tiga Taman Laut, yakni Padaido, Pulau Rani-Mapia, dan Pulau Meos Indi.

Pulau Owi dianggap dapat menjadi sekaligus obyek wisata sejarah, wisata bahari, dan wisata budaya sehingga dapat pula menjadi salah satu penghela gerbong ekonomi mensejahterakan Papua.

w.rahardjo

Sumber : Milis  komunitashistoria@yahoogroups.com

Posted in Selingan | Dengan kaitkata: , , , , | 1 Comment »

PASKAH di Sorong

Posted by sevilla99 pada April 13, 2009

13012009002Tampak gereja yang berdiri megah ini adalah Gereja Kristen Injili di Tanah Papua “Imanuel” yang letaknya pada daerah Boswezen Sorong.

Sebagai salah satu gereja terbesar di Sorong maka gereja ini dipenuhi dengan sesak jumlah jemaat yang datang untuk beribadah di gereja ini sejak dari Perayaan Jumat Agung,Paskah Hari Pertama dan Paskah Hari Kedua.

Namun seperti biasa maka greget Paskah tahun ini sama aja dengan tahun-tahun sebelumnya di mana tidak terlalu ramai jika dibandingkan Natal dalam penyambutannya.

Hal yang berbeda bisa kita temukan pada Gereja Katedral atau Gereja-Gereja umat Katholik lainnya di mana pun yang selalu dengan sedih tapi kemudian bergembira dalam menyambut Natal karena Yesus Sang Juruslamat menang dari Alam Maut.

Walaupun Paskah tidak ramai seramai Natal tp lucunya ada Hari Peringatan Paskah Kedua pada hari senin besoknya membuat aktivitas kantor menjadi tutup sementara dan juga berbagai pelayanan publik,hal ini hanya terjadi di Papua sedangkan di daerah lain Indonesia maka orang sudah kembali kerja namun kami di sini baru mulai kembali beraktivitas kerja pada besok hari yaitu tanggal 14 April 2009.

Posted in Di Sekitar Saya | Dengan kaitkata: , , | 1 Comment »

Mengejar Menjadi Anggota Dewan Demi Kekayaan

Posted by sevilla99 pada April 11, 2009

Ada yang menarik ketika saya membaca Harian Pagi “Radar Sorong” ,sebuah harian lokal di sini yang merupakan anak cabang dari Jawa Pos,yaitu wawancara dengan Pak Gifelem yang merupakan Ketua Lembaga Masyarakat Adat Suku Malamoi yang merupakan Tuan Tanah di Kota Sorong.

Pada wawancara tersebut kesan yang saya tangkap yaitu sang kepala suku mengeluhkan bahwa yang seharusnya duduk menjadi anggota dewan di DPRD Kota dan Kabupaten Sorong semuanya harus asli Moi,katanya Dewan Adat Papua harusnya merumuskan ini menjadi undang-undang ke depan agar yang boleh maju menjadi Caleg adalah harus anak negeri asli daerah tersebut jadi untuk wilayah kota dan kabupaten Sorong haruslah asli Moi.

Saya merasa pendapat Kepala Suku ini sebagai suatu langkah mundur dan agak rasialis padahal ia adalah seorang Ketua DPD Partai Hanura di Kota Sorong,jika memang yang berhak maju sebagai Caleg adalah hanya orang asli Moi maka jelas akan diboikot oleh seluruh elemen masyarakat Kota dan Kabupaten Sorong sehingga nanti yang mengikuti pemilu di kota dan kabupaten Sorong hanyalah masyarakat asli Moi saja yang mana tentu saja gak akan mencukupi jumlah kursi yang tersedia.

Sebuah kota akan maju jika dipenuhi dengan banyak etnis dan mau menyatu satu dengan yang lainnya sehingga membentuk suatu keanekaragaman yang indah,jika semuanya hanya seragam maka terkesan membosankan.

Dari dialog antara Radar Sorong dan Pak Gifelem juga bisa saya cermati bahwa Pak Gifelem melihat bahwa menjadi Anggota Dewan adalah posisi yang “basah” dan cepat kaya,ini sangat memprihatinkan karena lagi-lagi yang dikejar dari menjadi anggota dewan terhormat adalah uang bukan niat tulus untuk melayani rakyat atau sambungan lidah rakyat di lembaga legislatif.

Memang saat ini telah terjadi penggeseran pandangan mengenai posisi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat entah di Pusat,Propinsi maupun di Daerah karena para calon anggota legislatif hanya mengumbar-ngumbar slogan sebagai penyambung suara rakyat namun nyatanya yang dikejar hanyalah kekayaan dan materi serta kehormatan pribadi.Ini jelas tidak sehat karena tidak ada lagi jiwa sebagai pelayan masyarakat.

Saya menduga karena Pak Gifelem melihat ekonomi masyarakat Papua yang sedemikian menderitanya di atas tanahnya sendiri sehingga haruslah yang menjadi Anggota DPRD di Papua adalah orang asli Papua sendiri tanpa memperhitungkan kemampuan SDM yang dimiliki sang anggota dewan dan juga gimana psikisnya ketika menjadi Orang Kaya Baru (OKB) dengan berbagai kemudahan dalam keuangan yang akan diterimanya ketika menjadi Anggota Dewan,karena uang menjadi gampang karena moral anggota Dewan juga bobrok dan mau disuap oleh para pengusaha demi melincinkan ijin usaha mereka.

Gak bisa juga salahkan para pengusaha,mereka terpaksa menyuap karena keadaan birokrasi Indonesia yang masih bangga mempertahankan slogan “Jika bisa dipersulit Maka Ngapain dipermudah…atau jika bisa disuap/sogok maka ngapain kasih ijinnya gratis…”..

Hidup Indonesia Raya……..

Posted in Pribadi | Dengan kaitkata: , , , | 2 Comments »

Its Time To MOP Papua…..

Posted by sevilla99 pada Maret 15, 2009

Bagi yang menetap di Papua atau setidaknya pernah tinggal di Papua pasti tahu MOP…nah selamat menikmati beberapa MOP Papua

DOA BAPA KAMI (gaya manado)
Torang pe Papa dalam surga. Mulia jo Ngana pe nama.
Kamari jo Ngana pe kerajaan. Jadi dang Ngana pe mau,
di torang pe tampa, sama deng di Ngana pe tampa tinggal.
Ampuni jo torang pe salah, sama deng torang so ampuni torang pe tamang pe salah.
Kong jang kasih masuk torang dalam cobaan, karna torang so bisa masuk sandiri no.
Amen.

PETI MATI
Pace wamena 1 meninggal, lalu dia pu teman pi di t4 penjualan peti mati.
Sampe di sana, pace dia bingung karna harga peti semua diatas 1jt.
dia tanya penjual peti..trada peti yg dibawah 1jt kah???
Penjualx jawab : ada…yg 400rb, tapi kaki dan kepala diluar…

SURATNISASI
Pace 1 kuliah di jawa, trus dia tulis surat buap dia pu bapa dong di kampung :
Bapak, mengingat karna uang ADMINISTRASI serta uang SEMESTERNISASI yang
meningkat & uang PACARANISASI yg smakin bertambah, maka uang TRANSFERISASI
bulan ini tolong dinaikkan.

trus surat tiba di kampung & pytua ko baca, langsung dia balas :
Anak, mengingat karna hasil KEBUNISASI & PANENISASI yg berkurang,
maka sebaiknya anak ko pulang dulu untuk MENCANGKULISASI di KEBUNISASI
supaya bisa bayar ko pu PERMINTAANISASI, kalo trada nanti PARANGNISASI
menyusul kesitu.

LAGU ROHANI
cowo & cewe pacaran ..tp ketemu pake kode2 lagu rohani,
pas jam 10 malam cowo manyayi : KELUAR DARI KAUM & RUMAH BAPAMU,
cewe mo kluar tp dia pu bpk ada duduk diluar didepan rmh,
jd cewe manyanyi : TAHAN DAN BERJUANG T’RUs, ketika dia pu bpk masuk tdr,
cowo ko masuk ke kamar..karna terlalu asik dia tra sadar baru nyanyi :
INDAH SEBAGAI DI EDEN, dia pu bapa dengar suara cowo langsung dia pegang balok 5×10 dan hajar cowo pu tulang belakang, baru dia pu bapa nyanyi :
PIKULLAH SALIBMU SERTA, sambil pegang tulang belakang yg sakit cowo dia manyanyi : BAPA TRIMA KASIH…..


OBAT TIDUR
Pace satu dia mo tidur, tp trabisa..su bolak-balik kesana kamari..tapi tetap mata trabisa tatutup.
Jadi dia bilang dia pu mytua..mace kitong dua maen dolo eeee..mngkn habis itu sa bisa tdr kapa…
Mace langsung dia jawab : yoooo..ko kira sa pu kabong spanggal itu obat tdr kah..

NENE PEGANG KUAT
Ada anak satu de mo antar de pu nene pi berobat ke dokter pake motor.
Anak : Nene pegang kuat ee. .
Nene : iyo sip. . nene su pegang kuat nih. .
Anak : betul su pegang kuat ka?
Nene : iyo sudah nih. . ko nih cerewet skali.
Anak : ok sudah. siap tong jalan. .
Brumm. . Brumm. . anak ko tancap gas dan tiba2 ada bunyii BRUUUKKKKK
anak ini kaget tra bae punya pas de bale blakang begini, nene ko ada tikam di aspal. langsung dia tanya :
Anak : bah.. nene tra pegang kuat kah??
Nene : ahh nene su pegang kuat skali moo
Anak : nene pegang di mana tadi kah?
Nene : di pagar rumah situ. . .

MAKAN PINANG
pace ambai satu de bilang..di serui cara makan pinang tuh pake pola 3.2.1. artinya 3 buah pinang dimakan duluan trus 2 buah sirih baru satu sendok kapur terakhir.

napi bilang lagi : di biak tuh tabale tong makan pake pola 1.2.3, artinya 1 daun sirih duluan baru makan 2 kapur tulis, trus 3 hok pinang laste.

pace wamena tra mau kalah baru ja bilang : di wamena tuh makan pake pola 3.1.2, artinya makan 3 senduk kapur duluan, 1 jam kemudian baru makan daun sirih, trus 3 hari lagi baru makan pinang.

ambai deng napi tadi langsung dong tanya…kenapa lama skali makan pinang?
pace wamena de jawab : tunggu mulut sembuh toh..karna tabakar ja makan kapur 3 senduk.!!

HENING
Pace sumbing 1 dia mo ikut kontes Bintang Papua TOP TV.
Jadi juri dong tanya dia…ko mo manyanyi lagu apakah??
pace bilang : lagu HENING

Pembawa acara : Baiklah. . mari kita saksikan bersama-sama penampilan dari peserta brikut dengan lagunya HENING!!!!

karena judul lagux HENING jadi penonton lagi dong bikin suasana sunyi kaya di kuburan . . baru tra lama pace ko tarik suara. . .

“Hening.. Helaha..Habu..Hamis…. . Humat Habtu Minggu… Hitu Hama2 Hayiii. . . ”

BERAK PAGAR
pace 1 dia pi makan nasi campur di warung trus krna dia lihat macam sayur yg dong kasih itu model baru, jd pace dia tanya penjual “ini sayur apa kah?” mbah ko jwb “itu sayur rebung”….
pace kaget “booo sayur macam apa ini”….. mbah ko jawab “itu sayur bambu muda…”
trus besoknya pace dia pi makan lagi di warung itu, menu yang sama tp dia lihat sayurnya macam lain lagi kah..jadi pace tanya “sekarang ini sayur apa lagi???” mbah jawab “ooo… itu sayur paku”
pace dia kaget baru beteriak ” neeeeeeeee…. kemarin ko ksh makan sa bambu sekarang ko ksh sa makan paku, sabantar ini sa berak pagar kapa…!!!”””

YG SU JATUH JANGAN DIAMBIL LAGI
tete deng nene ikut penyuluhan kesehatan… dokter bilang barang yang sudah jatuh itu kotor jangan di ambil karena tidak baik untuk kesehatan…
pas pulang penyuluhan, tete jalan sambil makan pinang….. tapi pu pinang lompat dari mulut jatuh ke tanah… pas tete mo tunduk ambil nene bilang : “ingat yang sudah jatuh itu kotor jangan di ambil”.
tete tahan emosi saja…
dong 2 jalan sampe pas mo masuk di rumah .. begini nene ko jatuh di depan pintu… jadi nene batariak minta tolong : tete tolong dolo ka..
tete balas nene : yang sudah jatuh itu kotor… tidak boleh di ambil…. jadi kalo ko mo mati…. mati situ sudah…….

BIBI
Ibu guru suruh tulis kalimat dengan kata BIBI!
Wati : Bibi Pergi ke pasar
Erick : Bibi Memasak sayur
Noge karena tra tau BIBI itu artinya apa, de langsung tembak. .
“Ikan PoroBIBI”

GUNTUR
ada pace deng mace ini dong dua pacaran di tengah2 hutan. tra lama bgini mace ko su rasa buang air kecil jd dia blang sama de pu pacar
mace : Say aku mo pipis dolo…
pace : yo sudah,ko pigi ke blakang sana baru ko kincing sudah.
tralama bgini pace ko dengar bukan suara kincing tp bunyi kontoh. tra lama bgini mace ko kluar bru pace ko tanya : mace td katanya ko mo pipis tapi ko malah kontoh kah???
mace ko jawab : Say dimana-mana itu sbelum hujan pasti ada guntur dulu kan???

JALAN KE SURGA
jadi.. hari minggu pagi, pendeta dari kota de khotbah di salah greja di kampung.
dalam de pu khotbah, pace pendeta dia kasih ilustrasi tentang kerajaan sorga.
Pendeta bilang begini: ” Jemaat skalian, jalan ke surga itu tidak mudah.. jalanya berliku-liku dan penuh lubang dan batu-batu tajam…”
pendeta blom selesai bicara, paitua satu su badiri dari bangku blakang trus bicara:” Sooo, bapa pandeta… baru… derma yang kitong kumpul tiap munggu itu utk apa? kam tra pake bikin bae jalan itu kah? ..”

Jujur aja..Mop ini Copy Paste dari Facebook Roberth Oeitono

Posted in Selingan | Dengan kaitkata: , , | 11 Comments »

Mengamati Langkah PDS Sorong Yang Terkesan Santai Menghadapi Pemilu 2009

Posted by sevilla99 pada Maret 1, 2009

logopds_dlmMenhadapi Pemilu Legislatif yang hanya tinggal 1 bulan lebih tentu hampir semua Parpol yang bertarung dalam pemilu kali ini sibuk mengatur strategi untuk menjaring suara dari para pemilih dengan sebanyak-banyaknya.

Namun hal yang berbeda saya temukan pada Partai Damai Sejahtera di kota Sorong karena hampir saya lihat tanpa spanduk Caleg yang berlebihan seperti yang dilakukan oleh Caleg-Caleg dari Partai Demokrat,PDK,PBB,PPP dan Parpol-Parpol lainnya.

PDS Sorong seakan tidak ada ambisi yang besar dalam meraup suara yang banyak dan berusaha untuk mengantar para Calegnya mendapatkan kursi di DPRD Kota Sorong,DPRD Papua Barat dan bahkan DPR RI.

Namun ketika saya berbincang-bincang dengan seorang kader PDS Sorong barulah saya mengerti mengapa mereka terkesan santai dan tidak gembar gembor spanduk seperti para Caleg Partai Demokrat yang terkesan menghambur-hamburkan dana untuk mempromosikan diri mereka.

Papua adalah wilayah basis Kristen di Indonesia dan PDS adalah salah satu Parpol di Pemilu 2009 yang berhaluan Kristiani dengan basis massa adalah Umat Kristen sehingga bagi PDS Sorong seperti tanpa perlu kampanye berlebihan pun kantong-kantong suara PDS akan terisi dengan sendirinya oleh para pemilih dari Umat kristiani di Sorong yang ingin suara mereka terwakili oleh para legislator dari PDS.

Inilah salah satu keunikan dari PDS di Papua karena hampir semuanya nyaris tanpa promosi besar-besaran namun nantinya akan mencapai jumlah suara yang besar hingga meloloskan banyak Calegnya menjadi Legislator di DPRD Tingkat II,DPRD Tingkat I maupun di DPR Jakarta.

Saya banyak berharap kiranya apa yang diperkirakan oleh PDS Sorong akan terjadi demikian,perbanyak berdoa dan biarlah Tangan Tuhan akan bekerja secara ajaib…God Bless

Posted in Di Sekitar Saya | Dengan kaitkata: , , , | Leave a Comment »

Sportif Ala Persiwa Wamena

Posted by sevilla99 pada Februari 14, 2009

persiwa-4Persiwa (Persatuan Sepakbola Wamena) dengan julukan The Highlander karena berada di dataran tinggi Tanah Papua.

Dengan materi pemain rata-rata pemain asli Papua dan ditambah dengan pemain asing yang kebanyakan dari Afrika maka sesungguhnya prestasi Persiwa pada musim ini lumayan bagus yaitu menutup Putaran Pertama Indonesia Super League pada posisi kedua menguntit Persipura Jayapura pada posisi pertama.

Dibandingkan dengan Persipura maka saya lebih kagum pada Persiwa Wamena karena mereka hanya berasal dari Kabupaten yang terhitung bukan kabupaten kaya di Papua apalagi letak Wamena yang tepat di tengah-tengah Papua yang mana buat angkut semen pun harus naik pesawat karena tidak ada jalan darat dari Jayapura maupun Merauke yang bisa menjangkau Wamena secara langsung.

Dengan APBD Wamena dan nyaris tidak ada perusahaan asing besar di sana serta masyarakat yang umum masih memakai Koteka dan Cawat maka prestasi Persiwa Wamena dikancah Liga Super Indonesia benar-benar mengagumkan sedangkan Kabupaten Sorong (Persiss Sorong) dan Kota Sorong (Persikos Sorong) sampai sekarang msh berkutat di Divisi 1 dan Divisi 2 Liga Indonesia.

Baca entri selengkapnya »

Posted in Pribadi | Dengan kaitkata: , , , | 3 Comments »