Sevilla99 – www.sevilla99.wordpress.com

Tentang Papa,Mama dan Vincenzo Girsano Wong Tomarere Serta Semua Yang Terjadi Di Sekitar Kami

Archive for Juli, 2009

Aksi Penipuan Ala Bambang,Iwan dan Call Center Mandiri bernama Arief

Posted by sevilla99 pada Juli 21, 2009

Tadi sore ketika saya lagi berada di rumah maka seseorang menelpon saya untuk memesan Sarang Semut Papua sejumlah 20 Kg,wow jumlah yang besar tentunya,ia juga dengan meyakinkan menyatakan bahwa ingin ia jual di Medan – Sumatra Utara karena ia mempunyai Toko Obat Maju Jaya di Jl.Patuan Nagari No.57 Medan walaupun ia menggunakan no.hp Simpati kode dari Jakarta dengan no.hp : 081394555457,oh ya si penipu pertama ini mengakunya bernama Bambang dan nanti saya akan dihubungi oleh adiknya yaitu si penipu lainnya yang bernama Iwan.

Sekitar 2 jam kemudian si Iwan menelpon saya bahwa ia telah keluar dari ATM Bank Mandiri dan telah mentransfer dana pembelian 20 Kg Sarang Semut pesanan kakaknya bernama Bambang,ia ngotot agar segera saya mengecek transferannya apakah sudah masuk atau belum,saya yang sudah benar-benar loyo kecapekan krn kerja seharian berjanji akan mengeceknya pada 2jam kemudian tp anehnya ia ngotot agar saya cek dana transferannya skrg juga,sejauh ini saya belum curiga walaupun akhirnya saya tahu maksudnya apa dikemudian…

Jam 6 Sore ditemani Lawei Rimbun Sipayung maka kami bergegas menuju ATM Mandiri,namun ternyata dana yang ia janjikan untuk ditransferkan tidak ada,maka saya pun menelpon si Iwan untuk mengabarkan bahwa dana kirimannya belum saya terima maka ia pun segera menghubungi Call Center Mandiri gadungan bernama Arief.

Si Arief ini selayaknya seorang petugas Call Center Mandiri lalu meminta saya untuk kembali ke ATM Mandiri dan memandu saya untuk mengecek saldo,ternyata saat itu mungkin karena saldo saya tidak OK bagi mereka karena hanya ada Rp.108.000 di dalamnya maka ia pun bilang akan dicek pada sistem Mandiri dan kemudian mengalihkan kepada si Iwan…aneh,karena kami bertiga aktif bersamaan jadi saling berkomunikasi,padahal setelah kejadian ini tadi ketika Indah menelpon Call Center Mandiri yang asli,si mas di CC Mandiri menyatakan bahwa tidak pernah ada komunikasi 3 orang pada Call Center jadi jika demikian maka itu adalah penipuan…

Sambil si CC Mandiri gadungan bernama Arif mencoba “mengecek server transaksi Mandiri” maka saya pun disuruh pulang oleh si Iwan dan ia berjanji akan menghubungi saya kembali sesegera begitu ada kontak dari CC Mandiri…ini CC Mandiri yang rajin karena bisa mengontak no.telp nasabahnya…hehehe…

Setelah beberapa menit saya di rumah maka si Iwan kembali menelpon dan meminta no.rek Mandiri saya yang lain..hehehe ternyata mereka gak minat ama saldo saya yang cuma Rp.108.000 di no.rek Mandiri saya,saya yang saat itu masih positive thinking pun lalu memberikan no.rek Mandiri milik Indah istri saya kepada mereka dan si Iwan menyuruh saya agar segera menuju ATM Mandiri terdekat dengan rumah saya agar ia bisa hub si CC Mandiri gadungan bernama Arif itu kembali untuk mentransferkan dananya yang katanya sedang ter-pending agar dimasukkan ke no.rek Mandiri Indah.

Sesampai di ATM Mandiri dan kemudian saya ditelp oleh si Iwan kembali dan kembali dihubungkan pada CC Mandiri gadungan maka saya pun masuk ke ATM Mandiri kembali dan disuruh cek saldo agar katanya hitungannya bisa tepat…eh ternyata saldonya Indah jauh lebih parah karena cuma Rp.57.000,gak jadi meras donk mereka…saya lalu disuruh tunggu oleh Iwan sementara si Arief gadungan ini sedang mencoba mentransferkan dana Iwan yang ter-pending oleh sistem server Mandiri…

Hahaha..gak lama si Iwan telp dan hubungkan pada si Arief yang mengatakan ia atas nama Bank Mandiri meminta maaf krn lagi libur begini sistem server Mandiri lagi down..ini lucu padahal selama saya antri di ATM Mandiri semua orang yang masuk di ATM keluar sambil memegang uang atau slip ATM koq..yang mana artinya koneksi server baik-bak aja…

Lalu si Iwan meminta no.rek BCA saya,kata si Arief ia sebagai CC Mandiri bisa melakukan kliring langsung dari komputernya di kantor ke no.rek BCA saya..di sini saya sudah mulai curiga namun mencoba percaya 50% dengan mengirimkan no.rek BCA saya si Iwan dan saya meluncur ke ATM BII karena ATM BCA libur….aneh ATM BCA di Sorong kalo tanggal merah ikutan libur…hehehe…

Sampai di ATM BII udah ada 2 miskol dari si Iwan,gak sabar dia rupanya…saya pun lalu dihubungkan ke si Arief dan cek saldo saya di BCA..nah kali ini ternyata jumlahnya lumayan bagi mereka..maka si Arief dengan nampak bersemangat mencoba memandu saya agar menjalani proses “kliring” ala penipu…jadi mengarahkan saya untuk memilih Tranfer lalu Transfer ke Bank Lain kemudian pilih BCA dan masukkan no.rek ini : XXXXXX (gak ingat saya)…di sini saya sudah rasa ada yang gak beres..koq saya yang harusnya menerima dana transferan malah dibalik menjadi posisi sebagai pentransfer…

Si Arief masih cuap-cuap dengan panduannya maka saya pun sudah men-cancel dan keluar dari ATM BCA dan duduk di halaman depan BII sambil dengar cuap-cuapnya…lalu gak lama ia pun mengatakan “Gimana Pak Michael,apakah kertasnya udah keluar?” saya dengan santai aja mengatakan : saya udah lama keluar dari ATM koq pak….koq bisa ya pak dari Mandiri transfer ke BCA?Mandiri masih ATM Bersama sedangkan BCA ATM Prima…saya walaupun di kampung tapi gak bego-bego amat pak…

Eh Si Arief CC Mandiri Gadungan ini marah-marah : Bapak ini mau saya bantu tapi tidak mau kerja sama…sudah silahkan langsung aja bicara dengan Pak Iwan,kasihan dananya tertahan di Mandiri…tiba-tiba langsung si Iwan berbicara : Pak Michael ini serius jualan atau tidak pak?kasihan dana saya tertahan di Mandiri,ayo pak kembali ke ATM dan lakukan proses sesuai panduan dari Pak Arief CC Mandiri…

Saya pun menjawab..Pak kita tunggu besok aja kalo memang Mandiri lagi ngadat maka besok pasti akan masuk pak..tenang aja,besok akan saya cek kembali….

Si Iwan seakan marah lalu ia mengatakan bahwa transaksi dibatalkan..saya jawab yah terserah bapak krn saya memang ragu pada bapak….

Iwan pun mematikan HPnya dan sayapun kembali ke ATM BII segera menarik semua dana saya yang ada di ATM BCA saya dan pulang ke rumah…

Si Penipu itu adalah :

Bambang : 081394555457

Iwan : 081288569777

Arief : Call Center Gadungan Mandiri…

—————————————————————————————————————————————

Oh ya bagi yang menbutuhkan produk SARANG SEMUT asli Papua maka saya menyediakan dalam bentuk aslinya dengan harga :

1 Kg – 2 Kg Rp.100.000

3 Kg – 4 Kg Rp.90.000

5 Kg – seterusnya Rp.85.000

Harga belum termasuk ong.kirim..

Juga menerima pesanan dalam jumlah besar seperti 10kg ke atas bagi yang ingin menjual kembali di kota Anda…kami jamin kami termurah dan kami menetap di Sorong-Papua Barat

Kunjungi : http://www.tokosevilla.50g.com

Email : Sevillasale@gmail.com

Posted in Pribadi | Dengan kaitkata: , , , , , | 10 Comments »

Vincenzo (Vinz) Anak Kami 6 Bulan Sekarang

Posted by sevilla99 pada Juli 20, 2009

Syukur ke hadirat Tuhan Sang Pencipta yang Maha Suci dan Maha Kuasa,kini Vincenzo Girsano Wong Tomarere alias Vinz sudah berumur 6 bulan tepat pada tanggal 19 Juli 2009.

Selama 6 bulan kehadirannya di dalam keluarga kecil kami sungguh membawa keceriaan bagi saya dan Indah bahkan semua orang yang ada di sekitar kami ikut tertawa,tersenyum dan bergembira melihat perkembangan Vinz yang terus sehat dan ceria seiring waktu pertumbuhan dirinya.

Sebagai anak pertama dalam keluarga kecil kami dan cucu pertama dari orang tua saya maka Vinz benar-benar mendapatkan perhatian lebih dari kami semua,juga demikian dari kedua oppung Vinz yang jauh berada di Saribudolok,Simalungun yang walaupun saat ini jauh secara fisik namun dekat di dalam hati mereka karena kami secara rutin mengirimkan foto terbaru Vinz baik melalui MMS maupun via Pos kepada mereka untuk mengobati rasa rindu mereka pada cucu kedua mereka yang nun jauh di Papua.

Saat ini Vinz sudah resmi mencapai 1 semester dalam hidupnya,tentunya semua ini adalah Berkat dan Karunia yang tiada bernilai yang telah di-Anugrahkan oleh Tuhan kepada kami selaku orang tua dan Vinz sendiri tentunya,namun selalu kami tiada hentinya terus memohon pada Tuhan agar Vinz bisa terus bertumbuh dengan sempurna dan sehat sebagai anak laki-laki lainnya.Inilah doa utama kami tiap hari yang kami panjatkan pada Tuhan.

Terima kasih Tuhan…

Posted in Saya dan Indah | Dengan kaitkata: , | Leave a Comment »

Apa Benar Presiden SBY Terancam Oleh Teroris?

Posted by sevilla99 pada Juli 18, 2009

Indonesia kembali berduka,setelah melalui 2 kali tahapan Pemilu di tahun ini yaitu Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden dengan aman dan nyaris tidak ada keributan berarti kini Indonesia kembali diteror oleh bom yang melululantakkan 2 hotel investasi asing di Indonesia.

Awalnya Presiden SBY ingin mengunjungi lokasi kejadian namun dengan alasan tidak mau mengganggu proses pemeriksaan oleh Polri maka Presiden pun membuat Konferensi Pers di Istana.

Pada awal kejadian ini terjadi maka pikiran saya justru melayang pada tindakan teroris yang ingin membatalkan kunjungan Manchester United di Indonesia yang rencananya akan bertanding melawan Timnas Indonesia pada tanggal 20 Juli ini,bukan pada masalah Pilpres kemarin di mana pada semua hasil Quick Count sudah memenangkan SBY-Boediono bahkan Presiden Amerika Serikat pun Barrack Obama sudah menyampaikan ucapan selamatnya walaupun KPU belum secara resmi mengumumkan.

Pada Preskon yang digelar oleh Presiden SBY seakan-akan langsung menuduh bahwa pendukung kandidat yang kalah-lah yang membuat keributan ini dan beliau dalam posisi sebagai si-sakit yang sedang dikurung oleh 2 kandidat Presiden lainnya.

Ini khan lucu karena pengumuman KPU sudah tinggal menunggu waktu saja untuk mengumumkan kemenangan telak pasangan SBY-Boediono selain itu juga hasil pencapaiannya terlalu jauh di mana JK-Wiranto pada kisaran 15%,Mega-Pro pada kisaran 25% dan SBY-Boediono 62% lebih yang dimana SBY-Boediono sebagai pemenang mutlak yang tidak dapat diganggu gugat lagi sebagai pilihan rakyat.

Seharusnya dalam posisi kisruh begini alangkah baiknya apabila Presiden terpilih ini malah menjadikan ajang untuk merangkul 2 kandidat kompetitornya pada Pilpres kemarin untuk bergandeng tangan melawan Teroris atas nama bangsa Indonesia karena mereka 3 kandidat ini adalah tokoh rakyat Indonesia,namun yang dilakukan oleh presiden SBY adalah membuka konfrontasi baru dengan 2 kandidat yang kalah bahkan menunjukkan foto bahwa ia dalam posisi target dibunuh oleh pendukung extrim dari 2 kandidat yang kalah..saya rasa ini berlebihan..

Presiden SBY sudah memenangkan sekitar 62% rakyat Indonesia yang mengikuti Pilpres jadi tidak saatnya lagi menjual iba kepada rakyat bahwa ia dalam posisi disakiti oleh 2 kandidat pesaingnya,karena jika terlalu mengumbar rasa ingin mendapat iba dari rakyat maka yang ada malah perasaan bosan dan jenuh karena kapan Indonesia akan maju kalo begini….

Teringat kasus Manohara di mana terlalu menjual cerita yang menurut saya adalah cerita palsu karena ingin mendapatkan simpati dan iba dari rakyat Indonesia,kini malah banyak yang muak dengannya..apalagi ia pergunakan betul popularitasnya kemarin untuk mendapat sodoran kontrak pembuatan Sinetron…

Pertanyaan saya kembali..apa benar Presiden terpilih ini kita ini terancam oleh Teroris?saya rasa tidak demikian karena pada saat yang sama Presiden kini ini tidak berada di antara 2 hotel yang meledak itu jadi saya rasa ini murni untuk menolak kedatangan Manch.Utd dan menjelekkan nama Indonesia di muka dunia,jangan sampai ijin penerbangan maskapai-maskapai Indonesia ke Eropa yang baru dibuka kemarin oleh Eropa kembali akan ditutup akibat masalah ini.

Posted in Pribadi | Dengan kaitkata: , , , , | 2 Comments »

Kredit Yang Tidak Mulus Di Sorong

Posted by sevilla99 pada Juli 14, 2009

Dalam usianya yang telah hampir mencapai 5thn di Sorong maka kehadiran FIF di Sorong sudah sangat banyak membantu penduduk Sorong yang ingin memiliki motor sendiri/pribadi namun mengambil secara kredit melalui cicilan 6 bulan,1 tahun dan 2 tahun.

Namun sayangnya tidak semua penduduk Sorong yang mempunyai itikat baik dalam mengambil kredit kendaraan roda dua ini melalui jasa FIF.

Ini saya buktikan dengan melihat terdapat 80unit lebih berbagai tipe motor merk Honda di halaman depan FIF ketika mengunjungi kantor mereka tadi pagi.

Terdapat berbagai tipe motor Honda yang ditarik oleh pihak FIF akibat gagal kredit yang dilakukan oleh pihak pengambil kredit.Ada Honda Revo,Honda Vario,Honda Karisma,Honda Supra x 125,ada juga beberapa Honda dengan CC yang besar yang tentunya juga harganya lumayan tinggi seperti Honda Megapro dan Honda Tiger.

Pagelaran Honda gagal kredit di depan kantor FIF Sorong ini juga menunjukkan bahwa ada sebagian penduduk Sorong yang tidak dapat dipercaya untuk dibantu mengambil kredit baik di FIF maupun lembaga pemberi kredit lainnya.Semuanya umumnya hanya untuk memuaskan nafsu lahiriah yaitu mempunyai sepeda motor yang terbaru dan keren namun tidak mampu untuk membayar lunas kepada pihak pemberi kredit membuat terpaksa penarikan barang pun dilakukan oleh pihak pemberi kredit.

Terus terang saya juga salah satu nasabah dari FIF dan sudah 2 motor yang saya keluarkan dari Dealer Honda di Sorong melalui jasa mereka yaitu pada bulan agustus 2004 saya mengeluarkan Honda Supra X 125 yang pada saat itu baru saja tiba di Sorong,jadi pembeli pertamanya adalah saya pada saat itu…beli via kredit FIF maksudnya…1tahun pun saya lunasi ke FIF,selepas 3thn tepatnya pada tahun 2007 dan Honda Revo lagi getol-getolnya dipromosikan maka saya pun menjual Supra X125 saya kepada adik saya dan mengambil Honda Revo kembali melalui jasa FIF dan itupun berhasil saya lunasi dalam tempo 1thn pada bulan Agustus 2008 lalu.

Kredit kadangkala membawa keuntungan bagi pemberi kredit namun kadangkala juga kerugian bagi yang memberi kredit,jangan melihat keuntungan yang didapat oleh pihak FIF namun lihatlah peran besar mereka dalam membantu Anda mendapatkan kredit sepeda motor Honda hingga anda bisa dimudahkan dalam bertransportasi kemana pun yang Anda inginkan….

Posted in Sorong | Dengan kaitkata: , , | Leave a Comment »

Mengenang Tulang Mansen Purba,Budayawan Simalungun

Posted by sevilla99 pada Juli 3, 2009

Tadi malam setelah menyaksikan debat Calon Presiden putaran terakhir,saya lalu menuju laptop saya dan mengecek perkembangan yang terjadi di sekitar Facebook saya yang memang rata-ratai berisi tukar pendapat debat capres yang td umumnya disaksikan oleh hampir semua rakyat Indonesia melalui layar RCTI.

Lagi asyik mengisi komen di wallpost milik Tulang Sarmedi Purba maka saya pun dikejutkan dengan berita wafatnya abang kandung Tulang Sarmedi yaitu Tulang Mansen Purba

Saya memang belum pernah bertemu muka dengannya dan bahkan bicara via telp pun belum pernah,kami hanya berkomunikasi via email itupun kadang email saya dijawab setelah waktu yg lama..hehehe..maklum almarhum Tulang ini punya jadwal yang lumayan padat.

Walaupun hanya beberapa kali kontak via email namun Tulang Mansen bagi saya adalah seorang yang ramah dan patut untuk saya hormati,beliau dengan mudahnya mengirimkan saya buku Rondahaim,Sebuah Kisah Kepahlawanan Menentang Penjajahan di Simalungun yang beliau susun sekitar 25thn yang lalu,jangan salah mengira karena buku ini sudah tidak dicetak lagi oleh penerbitnya dan benar-benar merupakan buku langka yang menurut pengakuan beliau pun hanya sisa 2 buku aja yaitu 1 buku ia kirimkan pada saya dan 1 buat koleksi pribadinya…sungguh sangat mempesonakan bagi saya karena buku yang tentu bernilai tinggi ini jika dijual kepada para peneliti asing malah ia berikan sebagai hadiah kepada saya yang baru mulai mempelajari ttg Simalungun.

Rasa haus saya akan keinginan tahuan yang lebih tentang Simalungun membuat saya kembali tanpa malu menghubungi beliau via email kembali dan menanyakan ttg Buku Tarombo Silsilah Marga Saragih Garingging dan beliau dengan mudahnya mengirimkan buku cetakan aslinya yang masih terlihat diketik menggunakan mesin Tik dan dicopy di percetakan,sebuah buku yang dicetak pada tahun 1983,bukannya sombong karena bahkan banyak orang bermarga Saragih Garingging pun belum tentu mempunyai buku yang disusun oleh Tuan Taralamsyah Garingging tsb.

Mengapa saya menggunakan tutur Tulang pada beliau?awalnya saya menggunakan tutur “Bapa Tua/Godang” mengingat saya dimargakan ke Girsang yang hingga sekarang belum mencabut diri mereka dari Harungguan Purba Simalungun secara resmi jadi masih marsanina dengan Purba Sigumonrong,namun kemudian oleh Tulang Mansen ia koreksi karena ibunda Tulang Mansen adalah merupakan amboru dari atturang saya yang sama-sama boru Saragih Garingging bahkan masih dalam 1 pohon tarombo yang sejajar.

Berkut petikan email pertama beliau kepada saya :

Horas ma bamu, ham Michael Fransisco Girsang.

Saya menyambut gembira emailnya. Sayangnya agak terlambat saya membacanya karena sudah beberapa minggu tidak netting. Mohon maklum.

Sebagai orang yang sedang ‘menjadi’ Simalungun (yang oleh Eben disebut ‘marsimalungun‘), anda telah menggunakan panggilan (‘tutur’) Bapa Tua kepada saya. Saya menghargainya. Namun masih perlu diperjelas jalinan kekerabatannya (tutur padiha-dihaon) yang menjadi dasar panggilan Bapa Tua tadi. Sudah bisa anda jelaskan? (Sudah sejauh itukah ‘perjalanan’nya marsimalungun?).

Anda telah menerangkan bahwa Tulang anda adalah Sipayung yang beristerikan Saragih Garingging. Sementara Ibu kandung saya adalah Saragih Garingging. Bukankah lebih baik jika anda menggunakan panggilan (tutur) Tulang kepada saya? He he … Selamatmarsimalungun (=’proses menjadi Simalungun).

Buku ‘Rondahaim’ yang saya (=’Bina Budaya Simalungun’) terbitkan memang sudah langka. Mungkin masih ada beberapa eksemplar tersimpan di rumah kita di Jl Karya 155 Medan 20117, nanti kucari. Kalau butuh, kirim alamat posnya biar saya kirim.

Sekian dulu untuk email perkenalan ini.

Diatei tupa.

Mansen Purba

Kepergian beliau salah satu Budayawan Simalungun yang saya kenal dan rendah hati merupakan kehilangan besar bagi saya yang sedang belajar ttg Simalungun namun riwayat hidup seseorang sudah diatur oleh Tuhan,Tuhan pun yang berkehendak untuk memanggil pulang Tulang Mansen Purba kepangkuan-Nya dan kita hanya bisa mempasrahkannya kepada Tuhan.

Semoga kepergian beliau dan menumbuhkan budayawan-budayawan Simalungun berikutnya yang bisa memberikan masukan pada perkembangan Simalungun sebagai etnis yang budaya dan adatnya makin terjepit oleh tekanan 3 suku besar di sekitarnya namun tanpa perlu banyak bicara….

Selamat Jalan Tulang Mansen, saya sangat berterima kasih atas perhatian yang telah Tulang berikan kepada saya selama ini walaupun kita belum bertemu muka maupun komunikasi via Telp..


Posted in Simalungun | Dengan kaitkata: , , , | 9 Comments »

Sebaiknya Pakai Helm Demi Keselamatan

Posted by sevilla99 pada Juli 1, 2009

Pada awalnya saya sebagai masyarakat kebanyakkan merasa keberatan ketika Polresta Sorong mengharuskan memakai helm standar dan akan menilang jika kita tidak menggunakan helm standar karena tetap bandel memakai helm yang bisa dikatakan helm asal-asalan yang keamanannya gak bisa dijamin.

Bagi saya saat itu apa sih bedanya antara helm biasa dengan helm yang standar/helm masker malah helm standar membuat telinga jadi agak tuli ketika berkendara dan juga membuat bau apek karena pengap apalagi kalo panas.

Namun kini saya makin menyadari dari apa yang disarankan bahkan dipaksakan oleh pihak Polresta Sorong adalah sesuatu yang benar adanya karena dengan menggunakan helm standar maka resiko mengalami geger otak atau semua yang berkaitan dengan masalah kepala bisa setidaknya dicegah hingga 70%.

Bandingkan jika memakai helm biasa yang hanya sekedar menutup kepala dari panas matahari atau hujan,begitu terjadi kecelakaan maka helm itu dengan mudahnya akan pecah dan rusak sehingga amat sangat tidak melindungi kepala kita dari benturan maka tidak heran banyak kecelakaan lalu lintas dengan kasus kepala bocor,gegar otak dll yang terjadi selama ini karena sang pengendara kendaraan tidak menggunakan helm standar.

Ini juga terjadi pada tante saya yang diboncengi malah tidak mau memakai helm dan hanya memakai topi biasa dan ketika terjadi kecelakaan maka apa yang terjadi?kepalanya bocor dan hingga dijahit banyak jahitan ditambah bonus sempat gegar otak juga lupa-lupa ingat,hanya karena malas memakai helm ketika diboncengi.

Selama lagi berlalu lalang di jalan raya maka keselamatan adalah No.1 karena bukan hanya kita sendiri aja yang ada di jalan jadi kita patut waspada..salah satunya dengan memakai helm tentunya….keselamatan Anda di jalan adalah kepentingan Anda sendiri,saya hanya bantu mengingatkan namun semua kembali kepada Anda sendiri.

Posted in Pribadi | Dengan kaitkata: , , | Leave a Comment »