Sevilla99 – www.sevilla99.wordpress.com

Tentang Papa,Mama dan Vincenzo Girsano Wong Tomarere Serta Semua Yang Terjadi Di Sekitar Kami

Bertemu Dengan James M Purba Tanjung,Salah Satu Penggagas Haroan Bolon Simalungun

Posted by sevilla99 pada Mei 2, 2009

indah_mike_jamesMalam minggu yang lalu saya terima sms dari Bang James yang menginfokan bahwa pada hari rabu nanti ia akan ke Sorong setelah dari Jayapura dan ingin untuk bisa bertemu muka karena kami sama-sama sering ngobrol di milis bar-sim@yahoogroups.com juga sering kontak di Facebook dalam membahas topik-topik mengenai Simalungun.

Pada malam selasa saya juga menerima sms kembali dari bang James yang mengingatkan bahwa bang James akan tiba di Sorong besok jadi semoga bisa bertemu pada rabu sorenya di rumah bapa angginya yang sudah masuk Papua sejak tahun 1964.

Ada semacam keraguan dalam diri saya untuk datang bertemu dgn bang James karena melihat posisi beliau yang lebih tua,lebih senior,pangkatnya yang termasuk petinggi di PT.Pos Indonesia dll sedangkan saya?apalah saya ini yg masih junior dan baru belajar soal simalungun…yang jelas gak levellah…..

Pada hari rabu petang kembali bang James mengajak bertemu saya dengan Indah di rumah bapa angginya di depan Lapangan Hockey Kampung Baru,kebetulan ada Lawei dan Besan saya berkunjung jadi saya gak bisa keluar jadi saya pun minta maaf dan berjanji akan mengunjunginya besok jam 10pagi karena katanya pada jam 1 Siang ia sudah akan Take Off menuju Jakarta.

Pada hari Kamis pagi maka saya dan Indah pun bergegas ke rumah bapa anggi bang James dengan membawa oleh-oleh buat 2 anak kami di Jakarta sana yaitu Kaos motif Papua,moga-moga aja mereka suka.

Begitu nyampe di rumah tempat bang James menginap eh ternyata beliau masih tidur karena semalaman keasyikan ngobrol dengan adik dan bapa angginya hingga jam 5 pagi,maklum dah lama tak bertemu.

Akhirnya saya dan Indah bertemu dengan bang James M. Purba Tanjung,seorang sosok yang saya segani dan kagumi juga salut karena beliau walaupun sudah termasuk pejabat tinggi PT.Pos Indonesia namun masih sempat meluangkan waktunya untuk mengurusi mengenai sejarah dan budaya Simalungun bahkan aktif dalam penerbitan buku tulisan seorang Belanda bernama J.Tideman yang diberi judul : Simaloengoen yang saat ini masih dalam pengerjaan.

Haroan Bolon Simalungun ia bentuk dengan sungguh tersusun rapih sehingga semua rencana dilaporkan dengan baik juga arus uang masuk keluar dari sumbangan halak simalungun yang terkumpulkan demi kelancaran penerjemahan hingga proses cetaknya nanti yang merupakan kerja gotong royong dalam Haroan Bolon Simalungun,suatu kerja berat yang dilakoni oleh Bang James M. Purba Tanjung bersama Bapa Godang Frans Purba.

Obrolan santai dan beberapa kali ia selalu menekan saya agar terus pelihara ahap simalungun yang sudah ada dalam diri saya dan selalu mau berbagi pengetahuan saya tentang budaya dan sejarah Simalungun agar semua Halak Simalungun yang asli Simalungun namun malu mengaku Simalungun bisa juga bangga pada dirinya bahwa ia adalah seorang Simalungun tanpa perlu menyembunyikan identitasnya.

Pertemuan kami berlangsung sekitar 45menit dengan penuh obrolan santai namun sangat bermutu,saya dan Indah harus segera pulang maklum jagoan kami Vinz kami tinggalkan di rumah dan sedang dijaga oleh Lina,Pekerja Rumah Tangga di rumah kami.

Iklan

4 Tanggapan to “Bertemu Dengan James M Purba Tanjung,Salah Satu Penggagas Haroan Bolon Simalungun”

  1. Dany Saragih said

    Horas..
    Halo bang.. Seru ya bang kopdar kcil2an.. hehe..

    • sevilla99 said

      Oh ya dek..kata bang James,Dany Saragih itu anak muda/garama simalungun dgn ahap simalungun yang bagus..pelihara ahapnya dgn baik ya dek…hehehe

  2. djanurdin said

    apa ada ndak email Lawei James M Purba Tanjung, makasih bila berkenaan. diatei tupa

  3. sevilla99 said

    add aja facebooknya lawei…..
    dengan nama : James M Purba Tanjung
    emailnya saya gak tahu lawei krn kontaknya biasa via Facebook….
    Diatei tupa ma

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: