Sevilla99 – www.sevilla99.wordpress.com

Tentang Papa,Mama dan Vincenzo Girsano Wong Tomarere Serta Semua Yang Terjadi Di Sekitar Kami

Archive for Mei, 2009

Ini Dia…Sinetron Asli Kita…!!!

Posted by sevilla99 pada Mei 23, 2009

a.. Ada adegan menampar pacar yang dikira selingkuh/istri yang selingkuh padahal cuma ketemu teman, terus menyewa orang untuk menyelidiki;
b.. Ada menangisnya (kayaknya hampir semua film deh ada) tapi di sinetron Indonesia hal ini paling mendominasi di setiap episode. (biar masuk nominasi pemeran nangis terbaik versi FFI);
c.. Banyak sekali yang mengajarkan balas dendam ( kayak film India saja);
d.. Serinya dibikin panjang- panjang takut kehabisan bahan. Dengan alasan ratingnya naik. (padahal ngebosenin);
e.. Biasanya ceritanya rebutan warisan. Atau warisannya jatuh pada anak/cucu yang sudah lama hilang. Atau rebutan kekuasaan atau rebutan anak;
f.. Kalo adegannya masih sekolah hampir dipastikan ceritanya tentang rebutan pacar dan biasanya yang rebutan yang cewek dan tokoh yang disenangi si cowok anaknya miskin atau pas2an dan baru masuk atau pindahan dari sekolah lain (tapi anehnya bisa masuk sekolah elite) terus ada yang sudah merasa memiliki si cowok yaitu cewek yang kaya dan punya geng (biasanya anak kepala yayasan);
g.. Orang kaya selalu menjadi tokoh yang jahat (apa udah nggak ada orang baik yang kaya?);
h.. Kalo pinjam utang selalu pada orang yang sama sampai akhirnya rumahnya disita (gampang banget nyita rumah);
i.. Tokoh yang baik biasanya melarat dan bodoh. Gampang dibohongin. Dan paling sering tokoh baik hampir tidak pernah minta tolong pengacara dan kalah. Minta tolong polisi juga selalu gagal;
j.. Tapi giliran tokoh jahat minta bantuan polisi atau pengacara hampir dipastikan menang. Dan yang paling sering yaitu pengacara dengan gampangnya disuruh mengganti isi warisan dengan diberi imbalan uang banyak (ini yang merusak citra pengacara. Tapi memang banyak sih he.he.he), terus hartanya dikuasai dan seisi rumah diusir (adegan ini sudah katro banget);
k.. Tokoh yang baik biasanya lebih goblok dari tokoh yang jahat (tokoh yang jahat idenya selalu cemerlang meskipun masih anak kecil sekalipun) ;
l.. Bila kisahnya sedih pemeran utama yang baik selalu menderita bertubi-tubi biar dikira mengharukan;
m.. Dimulai dengan bangkrut karena ditipu (emang seorang pengusaha yang sukses gampang percaya orang ? Sama anak sendiri aja kadang nggak percaya apalagi orang lain), terus dilanjutkan dengan jatuh sakit, mau berobat nggak punya duit. (mantan direktur kok sebegitu amat nggak punya duit. Koruptor aja yang masuk penjara aja duitnya masih banyak). Cari kerja susah biasanya jadi kuli pasar. (emangnya nggak punya teman, saudara atau mungkin dia lahirnya nggak sama orang kali yeeee….);
n.. Tidurnya di emperan toko terus paginya diusir sama penjaganya. Biasanya mengalami kecelakaan terus menerus, kalau dipasangi jebakan selalu masuk;
o.. Habis itu ditolong oleh teman yang tidak tahu darimana datangnya;
p.. Dimanapun tokoh utamanya bersembunyi atau mengasingkan diri, selalu ditemukan oleh tokoh jahat (kayaknya wilayah Indonesia cuma sebesar perumahan kali ya?);
q.. Kebanyakan kalo ceritanya mau selesai, selalu ada saja halangan. Entah jadi lumpuh dan nggak bisa ngomong, tertabrak mobil terus koma, habis tertabrak mobil mau sembuh kemudian jatuh dari tangga atau kebetulan disandera oleh penculik atau naik bis ketiduran terus nyampai dimana nggak tahu dan nggak punya ongkos pulang;
r.. Dilanjutkan dengan kisah cari duit buat makan dan ongkos tapi kenalan dengan pemuda baik dan dilanjutkan dengan jatuh cinta. (ceritanya semakin ngawur saja);
s.. Penyakit yang sering adalah kanker otak, TBC (biasanya kalau batuk batuk terus di tisunya ada darah) dan yang penyakit paling baru dan lagi ngetren disinetron yaitu : akibat jatuh atau dengar berita jadi kaget atau kecelakaan terus jadi STROOK + LUMPUH nggak bisa ngomong dan nulis yang menyebabkan jalan cerita nggak jadi selesai. (kenyataan sangat jarang terjadi, paling2 patah tulang);
t.. Nggak ada yang menceritakan keluarga yang harmonis. (gara2 kebanyakan nonton sinetron);
u.. Bintangnya banyak menggunakan artis indo (maksudnya blasteran sama bule biar cakep padahal akting pas2an);
v.. Yang lebih nggak masuk akal lagi pemeran yang berwajah indo bisa menjadi tokoh gelandangan. (emangnya pernah lihat anak indo yang jadi gelandangan atau pengemis atau melarat? nggak kreatif banget!!!!);
w.. Pemeran utama berwajah sangat cantik kadang jadi pembantu. ( mending dijadikan istri boss);
x.. Kalo berantem sesama laki2 sampai luka luka nggak ngerasa sakit. Tapi giliran dipegang sama pacarnya teriak-teriak kesakitan (dunia emang aneh tapi rata2 film indonesia dari jaman dulu banget sudah begitu);
y.. Cerita anak orang kaya punya pacar orang miskin masih banyak. Dan biasanya ditentang oleh salah satu orangtuanya dan orang tua yang satu membela;
z.. Yang kaya juga wajahnya seperti orang kaya pada umumnya yang miskin juga miskin baik wajah, rumah maupun bajunya. Lihat aja Si Kipli yang jadi orang miskin. Siapapun pasti juga mengira pasti Kipli miskin;
aa.. Biasanya yg pemeran antagonisnya bacotnya lebih gede dari terompet (kayanya kalo uda bisa acting marah2 di tv uda paling bagus actingnya). Jadi Inget Meriam Belina…;
ab.. Pemeran yg baik selalu keliatan baik bangetttttt….. Ga pernah marah biar diapain jg….selalu ngalah, hatinya suci bangettt….. (MUNA bangetttt semut aja di injek gigit om)…..Naisylla Mirdad kali ye….;
ac.. Nggak ada cerita tentang orang miskin ketemu orang miskin, selalu aja orang miskin ketemu orang kaya terus orang kaya jatuh cinta ama orang miskin, setelah itu orang kaya jatuh miskin dan tidak lama kemudian baru ketahuan kalau orang yang miskin ternyata keluarga nya dulu kaya raya;
ad.. Judul Sinetronnya biasanya satu kata aja…dan biasanya namanya sang tokoh utama…lalu soundtracknya diambil dari lagu yang lagi ngetrend…. gak percaya…liat deh..INTAN, CAHAYA, JELITA, MENTARI, CANDY, dll bla.. bla.. bla..

Dicopy dari : artikel pada milis guyon-yook@yahoogroups.com

Posted in Selingan | Dengan kaitkata: | 6 Comments »

Pemusnahan Kejam Terhadap Babi Di Mesir

Posted by sevilla99 pada Mei 19, 2009

Tahun ini bisa dikatakan sebagai tahun sialnya Babi karena akibat efek dari Virus Swine Flu yang di Indonesia kerennya Flu Babi membuat banyak babi diperiksa dan bahkan banyak dimusnahkan di berbagai belahan dunia karena efek yang ditimbulkannya bagi manusia sangat hebat yaitu flu yang bisa menyebabkan kematian.

Saya tadi menyaksikan di You tube bagaimana tindakan anarkis yang dilalukan oleh sekelompok orang Mesir yang mengangkut babi hingga mencapai 1 truk dan lalu mengantar para babi itu yang jelas-jelas berbeda dengan babi di Mexico menuju kematian mereka.

Ada yang rasa janggal di sini karena kasus Swine Flu sebenarnya belum terdeteksi di Mesir namun Mesir dengan sangat antusiasnya ingin membasmi Babi di negera mereka sehingga tidak heran ada seorang ulama di Mesir yang menyatakan suatu saat nanti tidak akan ada babi lalu di tanah Mesir.

Oh ternyata sentimen agama kembali,ini amat sangat lucu kerena selalu saja Babi diarahkan kepada orang kristiani sebagai penikmat daging babi padahal jika mau dicermati dengan baik maka orang yang beragama Budha dan Hindu pun tidak mengharamkan mengkonsumsi daging babi jadi bisa dikatakan bahwa hanya umat Islam-lah yang pantang mengkonsumsi daging babi,bahkan salah satu sekte di dalam Kristen pun anti mengkonsumsi daging babi yaitu Advent Hari Ketujuh juga agama Yahudi yang musuh bebuyutannya bangsa Arab Muslim pun seiya sekata dengan bangsa Arab yaitu mengharamkan mengkonsumsi daging babi sesuai dengan kitab Taurat Musa mereka.

Jika Anda menyaksikan tayangan proses pengangkutan babi di Mesir melalui youtube.com  yang dilakukan secara kejam dan tidak mempunyai peri-kebinatangan pada hewan maka siapa pun Anda pasti akan terenyuh melihat betapa banyaknya babi yang mulia dari ukuran kecil hingga besar diangkut secara paksa lalu bahkan dipukul dengan sepotong tongkat besi sehingga babi-babi itu mengerang dan menjerit kesakitan dengan bahasa babi tentunya akan mengecam juga tindakan itu (jika Anda bisa berpikir sportif dan waras tentunya) karena babi-babi itu sebenarnya tidak sakit dan terinfeksi virus swine flu namun mereka hanyalah babi yang berada di negara yang salah dan sial karena mereka diciptakan sebagai babi.

Tindakan yang dilakukan di Mesir sangat berbeda ketika terjadi flu burung beberapa waktu lalu yaitu kenapa tidak semua unggas juga dibasmi?namun ketika ada flu mengenai babi yang merupakan binatang haram bagi sebagian besar rakyat Mesir maka dengan semangatnya mereka membasminya,mungkin jika di waktu yang akan datang ada virus flu anjing maka mungkin juga semua anjing juga di Mesir akan mengalami hal serupa karena anjing juga masuk kategori binatang haram di Mesir.

Saya lalu berpikir,jika reinkarnasi itu ada lalu suatu ketika para eksekutor babi-babi di Mesir itu mati dan kembali bereinkarnasi ke dunia sebagai babi maka kira-kira apa yang mereka rasakan ketika mereka diseret dari kaki belakang belakang lalu dengan moncong mereka yang terkikis kerasnya aspal dan kemudian diangkut untuk dimusnahkan padahal sebenarnya mereka sehat-sehat saja….

Betapa sialnya Babi-Babi di Mesir dan betapa kejamnya pada eksekutor babi di Mesir yang beralasan masalah kesehatan namun bertopeng pada sentimen agama.

Posted in Pribadi | Dengan kaitkata: , , | 2 Comments »

Lagu-Lagu Dari Band NAFF Yang Melankolis

Posted by sevilla99 pada Mei 17, 2009

Saat ini ada banyak band yang berkreativitas di Indonesia,banyak juga yang sedang naik daun seperti D’Massiv atau juga mungkin Hijau Daun namun dari sejak tahun 2007 lalu saya menetapkan hati saya sebagai fans NAFF.

Mengapa NAFF?bukannya masih banyak band lain yang mungkin lebih ngetop seperti misalnya DEWA,Andra And The Backbone,GIGI,ADA Band dsb.

Jawabannya karena saya suka sekali dengan lirik dan lagu-lagu yang dibawakan oleh Ady sang vokalis NAFF dan juga lagu-lagu yang ia ciptakan berdasarkan pengalaman pribadinya.

Tentu kita masih ingat ketika betapa hebohnya lagu : Kau Masih Kekasihku,Akhirnya Ku Menemukanmu,Yang Tak Pernah Bisa Mencintaimu,Bila Aku Pulang dll.

Selain itu NAFF termasuk band yang awet dari istilah gonta ganti personil dan juga mereka nyaris bebas dari gosip yang tentunya berbeda dgn Ariel Peterpan dan Pasha Ungu yang selain Vokalis Band juga kadang masuk Infotainment akibat masalah rumah tangga dan pernikahan mereka,sedangkan para personil NAFF jauh banget dari gosip dan sibuk berkarya bahkan NAFF tidak ikut-ikutan membuat album Religi ketika band lain sibuk mencari tambahan dengan menjual lagu-lagu religi seperti UNGU,GIGI dll.

Saat saya menulis ini,sedang berlangsung acara Live Accoustic NAFF di Indonesia dengan Thema : Senandung Hati & Jiwa yang merupakan acara launching album NAFF terbaru yang tampil dengan Hits : Bila Nanti Kau Milikku.

Kualitas vocal yang khas milik Ady membuat setiap lagu yang dibawakan olehnya serasa kita juga turut merasakannya membuat setiap singel hits dari NAFF pasti saya hafal dan Indah pun sudah tahu bahwa suaminya ini adalah Fans berat NAFF namun sayangnya hingga saat ini NAFF belum pernah menginjakkan kakinya di Sorong untuk sebuah Live Performance namun semoga di masa yang akan datang NAFF akan menyempatkan untuk bertemu fansnya di kota Sorong.

Maju Terus dan Berkarya NAFF

Posted in Pribadi | Dengan kaitkata: , | 5 Comments »

Memilih-Milih Anti Virus Yang Bagus Versi Saya

Posted by sevilla99 pada Mei 14, 2009

aviraantivirusfreegy9Sekitar 1tahun lalu setelah Laptop saya diservice oleh teman saya maka ia mengisikan antivirus AVG,nampak sekali teman saya adalah fans AVG dan memang ketika beberapa kali saya konsultasikan mengenai anti virus maka ia selalu merekomendasikan AVG.

Atas kepercayaan saya pada teman saya tsb maka saya yang awalnya gak sreg dengan AVG maka mencoba untuk bisa mempercayai kemampuan AVG apalagi saya melihat selalu pada jam 9 malam maka anti virus itu secara otomatis langsung meng-update-kan dirinya sendiri artinya antivirus dalam komputer saya ini sudah benar-benar aman,pikir saya saat itu.

Suatu ketika adik sepupu saya datang untuk membersihkan Virus yang ada dalam Flash Disknya,ia mengatakan bahwa ada Virus yang ganas dalam flash disknya,dengan kepercayaan yang tinggi maka saya bilang Antivirus yang saya gunakan dalam laptop saya bisa mengatasi virus tersebut.

Eh tahu-tahunya virus yang ada di dalam flash disk adik sepupu saya itu adalah virus Matrox dan K.O lah laptop saya yang mana akhirnya laptop saya dalam penguasaan virus Matrox tersebut.Betapa kesalnya saya saat itu dan benar-benar meruntuhkan kepercayaan saya pada AVG.Atas saran teman saya maka saya segera mendownload COMBO FIX dan kemudian berhasil mengusir atau mematikan Virus Matrox tersebut.

Selepas itu maka saya pun mengusir juga AVG dari Laptop saya dan menggantikan dengan Anti Virus lokal Indonesia yang bernama PC Media.Dalam pemasangan pertama dan scanning Virus pertama maka tertangkap 48 virus yang berbagai jenis,jelas saja ini menambah kekesalan saya pada AVG ternyata yang selama ini diupdate tiap hari dan menyatakan bahwa Laptop saya aman dari Virus adalah gak benar krn nyatanya ada 48 virus yang bersemayam dalam Laptop saya tanpa terdeteksi oleh AVG.

Hampir sekitar 1 minggu saya memakai PC Media namun saya melihat kyknya anti virus ini tidak auto update dan akhirnya saya mengingat anti virus saya yang lama dahulu pernah saya gunakan yaitu Anti Vir yang katanya sekarang bernama AVIRA.

Saya pun coba mencari AVIRA hasil crack dari torrent melalui http://www.isohunt.com dan menemukan AVIRA Premium yang sudah dilengkap dgn cracknya…hahaha gaya orang Indonesia pada umumnya yaitu sukanya pakai yang hasil crack-an.

Setelah saya menginstal dan melalukan scanning perdana..betapa terkejutnya saya karena selama ini juga PC Media sudah menyatakan bahwa selepas  48 Virus yang tertangkap kemarin maka Laptop saya bebas dari Virus,nyatanya hal itu tidaklah juga benar karena terdapat 400 Virus,Worm dan beberapa registri warning yang bersemayam dalam Laptop saya.

Hingga saat ini saya masih nyaman memakai Anti Vir/AVIRA Premium dan Anti Virus ini melalukan update tiap hari.

Saya rasa apabila saya kemudian mengganti AVIRA ini dgn AntiVirus yang lain juga maka akan mendapatkan Virus-Virus yang lain juga yang tidak terbaca oleh AVIRA namun saya rasa cukuplah AVIRA aja dulu dan lagian membuat kinerja Laptop saya gak terlalu berat dengan AVIRA.

Jadi menurut saya Anti Virus yang bagus adalah AVIRA karena ringan dan efektif menumpas Virus…apalagi logonya bergambar Payung…hahaha….

Posted in Pribadi | Dengan kaitkata: , , , , | 4 Comments »

Susu Sapi Bikin Bayi Alergi

Posted by sevilla99 pada Mei 13, 2009

Selasa, 12 Mei 2009 | 22:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Dokter spesialis anak ahli imunologi Dr Zakiudin Munasir mengatakan, susu sapi dan produk turunan susu sapi lainnya merupakan penyebab alergi terbesar, terutama pada bayi.

Dr Zakiudin Munasir, dalam seminar “Apakah Alergi diturunkan Secara Genetik” di Jakarta, Selasa, mengatakan, susu sapi yang merupakan protein asing utama bagi bayi pada bulan-bulan awal kehidupannya berpotensi menimbulkan reaksi alergi yang pertama kali, dengan gejala-gejala pada saluran cerna seperti diare dan muntah.

Menurut dia, adanya protein asing dalam tubuh bayi dan ditambah kondisi saluran pencernaannya yang belum sempurna, sehingga bayi rentan mengalami alergi yang diakibatkan oleh susu sapi ini.

“Makanan yang cocok untuk bayi adalah ASI (air susu ibu). Itulah sebabnya, bayi disarankan diberi ASI (air susu ibu) eksklusif, setidaknya hingga usia 6 bulan,” kata Zakiudin.

Fungsi ASI dalam mencegah alergi karena mengandung zat gizi lengkap yang dibutuhkan bayi, termasuk protein “Hypo allergenik”, DHA, probiotik dan kolostrum yang dapat melindungi bayi dari alergi.

Alergi merupakan reaksi kekebalan tubuh yang menyimpang atau berubah dari normal yang dapat menimbulkan gejala merugikan tubuh mulai dari gangguan pernafasan, kulit hingga mata.

Selain susu sapi, Zaikudin juga menyebut makanan lain, seperti telur, makanan laut, kacang-kacangan dan masih banyak lagi macamnya pemicu alergi.

Zakiudin menjelaskan bahwa angka kejadian alergi terus meningkat sejalan dengan perubahan pola hidup masyarakat yang semakin modern.

Dia menyebut, banyaknya zat yang terkandung di dalam makanan dan minuman, selain itu tingginya polusi saat ini merupakan penyebab terjadinya alergi.

“Memang alergi di Indonesia tidak sebesar di negara maju lainnya, namun ityu perlu diwaspadai,” tegasnya.

Zakiudin menyebut tiga tindakan pencegahan terjadinya alergi, yakni menghindari pencetus alergi, menjalani hidup sehat dan memakai obat-obatan.

“Jika terjadi alergi, hindari makanan atau hal lain yang menjadi pemicunya. Jika sudah terjadi yang lakukan dengan obat-obatan atau terapi,” katanya.

Terkait pengobatan alergi, dokter biasanya memberikan obat-obatan seperti antihistamin dan kortikosteroid (baik yang diberikan lewat mulut, suntikan, maupun inhalasi) untuk memperkuat dinding sel mast dalam tubuh pasien).

Link : http://www.kompas.com/read/xml/2009/05/12/22023889/Susu.Sapi.Bikin.Bayi.Alergi.

Ingatlah bahwa anak kita bukanlah anak sapi jd sebisa mungkin kita berikan ASI yang bergizi bagi mereka..masa kecil dan pertumbuhannya menentukan masa depannya nanti.

Posted in Pribadi | 1 Comment »

Hasil Lengkap Suara 38 Parpol Pemilu 2009

Posted by sevilla99 pada Mei 10, 2009

(Jakarta, IC) – KPU telah mengumumkan dan menetapkan perolehan suara parpol peserta Pemilu 2009 dengan perolehan jumlah total suara sah nasional mencapai 104.099.785 suara. Hanya 9 dari 38 parpol yang lolos menuju Senayan.

Hasil rekapitulasi perolehan suara secara nasional Pemilu 2009 yang ditetapkan KPU Pusat menempatkan Partai Demokrat sebagai jawara, menyusul Golkar, dan PDIP. Enam parpol lainnya yang ikut sukses ke Senayan adalah PKS, PAN, PPP, PKB, Gerindra, dan Hanura.

Berikut hasil lengkap perolehan suara parpol Pemilu 2009 untuk DPR sesuai dengan pemeringkatan jumlah suara yang diperoleh masing-masing parpol dengan urut-urutan nama parpol, nomor urut parpol, jumlah perolehan suara dan persentasenya, jumlah perolehan kursi dan persentasenya :

1. Partai Demokrat (31) 21.703.137 suara (20,85%) 148 kursi (26,42%)
2. Partai Golkar (23) 15.037.757 suara (14,45%) 108 kursi (19,29%)
3. PDIP (28) 14.600.091 suara (14,03%) 93 kursi (16,61%)
4. PKS (8) 8.206.955 suara (7,88%) 59 kursi (10,54%)
5. PAN (9) 6.254.580 suara (6,01%) 42 kursi (7,50%)
6. PPP (24) 5.533.214 suara (5,32%) 39 kursi (6,96%)
7. PKB (13) 5.146.122 suara (4,94%) 30 kursi (5,36%)
8. Partai Gerindra (5) 4.646.406 suara (4,46%) 26 kursi (4,46%)
9. Partai Hanura (1) 3.922.870 suara (3,77%) 15 kursi (2,68%)

10. PBB (27) 1.864.752 suara atau 1,79%
11. PDS (25) 1.541.592 suara atau 1,48%
12. PKNU (34) 1.527.593 suara atau 1,47%
13. PKPB (2) 1.461.182 suara atau 1,40%
14. PBR (29) 1.264.333 suara atau 1,21%
15. PPRN (4) 1.260.794 suara atau 1,21%
16. PKPI (7) 934.892 suara atau 0,90%
17. PDP (16) 896.660 suara atau 0,86%
18. Partai Barnas (6) 761.086 suara atau 0,73%
19. PPPI (3) 745.625 suara atau 0,72%
20. PDK (20) 671.244 suara atau 0,64%

21. Partai RepublikaN (21) 630.780 suara atau 0,61%
22. PPD (12) 550.581 suara atau 0,53%
23. Partai Patriot (30) 547.351 suara atau 0,53%
24. PNBKI (26) 468.696 suara atau 0,45%
25. Partai Kedaulatan (11) 437.121 suara atau 0,42%
26. PMB (18) 414.750 suara atau 0,40%
27. PPI (14) 414.043 suara atau 0,40%
28. PKP (17) 351.440 suara atau 0,34%
29. Partai Pelopor (22) 342.914 suara atau 0,33%
30. PKDI (32) 324.553 suara atau 0,31%

31. PIS (33) 320.665 suara atau 0,31%
32. PNI Marhaenisme (15) 316.752 suara atau 0,30%
33. Partai Buruh (44) 265.203 suara atau 0,25%
34. PPIB (10) 197.371 suara atau 0,19%
35. PPNUI (42) 146.779 suara atau 0,14%
36. PSI (43) 140.551 suara atau 0,14%
37. PPDI (19) 137.727 suara atau 0,13%
38. Partai Merdeka (41) 111.623 suara atau 0,11%

Posted in Selingan | Dengan kaitkata: , | 1 Comment »

Ketika Melahirkan-pun Menjadi Ajang Menguruk Keuntungan

Posted by sevilla99 pada Mei 6, 2009

Dalam tempo bulan depan yaitu bulan juni 2009 nanti akan bertambah lagi keluarga besar kami karena akan lahir bayi dari keluarga paman saya yaitu Samson Yehezkiel Taniels,hasil pemeriksaan dokter Edwell Sembiring SP.Og adalah calon adik sepupu saya itu adalah bayi perempuan namun paman saya ini masih bersikeras bahwa ia yakin bahwa calon bayinya itu adalah anak laki-laki bahkan sudah menyiapkan nama Joshua buat calon paman/tante  dari Vincenzo anak kami itu…

Dalam pembicaraan kami selanjutnya maka paman dan tante saya meminta pendapat saya tentang di mana sebaiknya  ia akan melahirkan?apakah di rumah sakit atau di bidan saja karena maklum selisih kelahiran calon bayi ini dengan kakaknya adalah 9 tahun sehingga seperti melahirkan pertama kembali sakitnya.Ya iyalah mana mungkin melahirkan gak sakit?itu khan dah dikodratkan oleh Tuhan pada kaum wanita.

Arus pembicaraan kami kemudian mengalir pada kasus kematian bayi teman saya Jefri Manuhutu yang anaknya Charles Manuhutu hanya hidup 2 hari di dunia akibat tindakan yang terlambat dari para bidan di rumah sakit umum daerah di kabupaten Sorong.

Seharusnya bayi yang dinamakan Charles Manuhutu itu sudah berumur sebulan saat ini namun apa daya saat ini ia tinggal nama di kuburan Rufei akibat bersalin menjadi bisnis bagi para bidan dan dokter.

Oleh dokter kandungan tempat ibu Charles ini dinyatakan bahwa Charles ini baik-baik saja dan siap dilahirkan di dunia melalui proses normal dan ketika tiba saatnya maka dengan cepat dan tanggap langsung ibunda Charles ini diantar ke salah satu rumah sakit umum di Sorong oleh papa charles (Jefry Manuhutu).

Sesampai di Rumah Sakit bukannya langsung ditangani malah langsung dikatakan oleh seorang bidan bahwa ibunda Charles ini mempunyai pinggul yang kecil sehingga tidak memungkinkan untuk melahirkan normal dan kemudian juga diaminkan oleh dokter kandungan yang bertugas di sana yang berbeda dengan dokter kandungan langganan ibunda Charles sehingga tidak tahu riwayat perkembangan bayi.

Tarik ulurpun terjadi antara papa Charles yang merasa bahwa dokter di tempat ia biasa memeriksakan kandungan istrinya mengatakan bahwa kandungan istrinya baik-baik saja dan siap melahirkan normal,namun kenapa malah di sini dikatakan bahwa istri gak bisa melahirkan normal?apalagi kita tahu sendiri bahwa biaya melahirkan caesar butuh biaya besar sekitar 12 juta sedangkan dana simpanan papa Charles tidaklah sebesar itu.

Para bidan pun cuek seakan-akan menunjukkan apabila papa Charles tetap bersikeras tidak mau caesar maka resiko tanggung sendiri.

Tarik ulur berlangsung hingga 1,5hari sedangkan sang janin telah mendorong terus untuk keluar dari rahim ibunya..karena kasihan melihat penderitaan sang ibu maka papa Charles pun dengan terpaksa menyetor uang muka untuk operasi caesar yaitu Rp.4.000.000 kepada administrasi Rumah Sakit Umum.

Operasi caesar pun dilakukan namun sayang amat sayang,sang jagoan kecil kebanggaan kamai itu sudah keracunan air ketuban ibunya sendiri,jangankan untuk menangis,untuk bernafas pun sulit maka segera langsung diberi selang nafas tambahan dan infus..hati siapa yang tidak teriris melihat kejadian itu?bayi yang sehat dalam kandungan ibunya dan harusnya lahir dengan normal dan sehat kini sedang berhadapan dengan maut…

Segala doa dan harapan papa dan mama Charles ternyata tidak menjadi kenyataan karena Tuhan jauh lebih sayang pada Charles sehingga memanggil pulang sang jagoan kecil kami itu pada umurnya yang ketiga hari,Charles kebanggaan kami wafat dengan tenang pada umurnya menginjak 3 hari.

Rumah Sakit Umum pun tega menagih 4 juta sisa nota kepada papa Charles jika mau mengambil jenazah Charles,apa boleh buat akhirnya tambahan Rp.4.000.000 kembali melucur ke kantong Rumah Sakit Umum alias total Rp.8.000.0000 dikeluarkan oleh papa Charles dan yang ia bawa keluar dari Rumah Sakit Umum itu hanyalah air mati sambil menggendong jenazah Charles.

Masih banyak kisah yang lain lagi hadir dari Rumah Sakit Umum itu di mana 2 orang  ibu dan janinnya  akhirnya mati bersamaan karena tindakan tarik ulur demi operasi caesar agar bisa mengucur uang yang lebih besar ke kantong Rumah Sakit Umum.

Alangkah terkutuk dan  laknatnya para pelaku ini di mana mereka dibayar oleh pemerintah untuk membantu persalinan para ibu dan calon bayi entah normal maupun caesar namun justru mereka yang mematikan hidup sang ibu dan calon bayi hanya karena keinginan mereka tidak tercapai yaitu tambahan uang masuk….

Semoga Tuhanlah yang mengampuni dosa mereka…

Saya sangat kuatir apabila tante saya itu melahirkan di rumah sakit umum karena takut kejadian ini terulang kembali pada calon sepupu saya itu jadi saya lebih menyarakan agar tante saya melahirkan di rumah sakit swasta walaupun mahal namun pelayanannya jauh lebih baik dan bersih/higienis…

Posted in Pribadi | Dengan kaitkata: , , , | 1 Comment »

Bertemu Dengan James M Purba Tanjung,Salah Satu Penggagas Haroan Bolon Simalungun

Posted by sevilla99 pada Mei 2, 2009

indah_mike_jamesMalam minggu yang lalu saya terima sms dari Bang James yang menginfokan bahwa pada hari rabu nanti ia akan ke Sorong setelah dari Jayapura dan ingin untuk bisa bertemu muka karena kami sama-sama sering ngobrol di milis bar-sim@yahoogroups.com juga sering kontak di Facebook dalam membahas topik-topik mengenai Simalungun.

Pada malam selasa saya juga menerima sms kembali dari bang James yang mengingatkan bahwa bang James akan tiba di Sorong besok jadi semoga bisa bertemu pada rabu sorenya di rumah bapa angginya yang sudah masuk Papua sejak tahun 1964.

Ada semacam keraguan dalam diri saya untuk datang bertemu dgn bang James karena melihat posisi beliau yang lebih tua,lebih senior,pangkatnya yang termasuk petinggi di PT.Pos Indonesia dll sedangkan saya?apalah saya ini yg masih junior dan baru belajar soal simalungun…yang jelas gak levellah…..

Pada hari rabu petang kembali bang James mengajak bertemu saya dengan Indah di rumah bapa angginya di depan Lapangan Hockey Kampung Baru,kebetulan ada Lawei dan Besan saya berkunjung jadi saya gak bisa keluar jadi saya pun minta maaf dan berjanji akan mengunjunginya besok jam 10pagi karena katanya pada jam 1 Siang ia sudah akan Take Off menuju Jakarta.

Pada hari Kamis pagi maka saya dan Indah pun bergegas ke rumah bapa anggi bang James dengan membawa oleh-oleh buat 2 anak kami di Jakarta sana yaitu Kaos motif Papua,moga-moga aja mereka suka.

Begitu nyampe di rumah tempat bang James menginap eh ternyata beliau masih tidur karena semalaman keasyikan ngobrol dengan adik dan bapa angginya hingga jam 5 pagi,maklum dah lama tak bertemu.

Akhirnya saya dan Indah bertemu dengan bang James M. Purba Tanjung,seorang sosok yang saya segani dan kagumi juga salut karena beliau walaupun sudah termasuk pejabat tinggi PT.Pos Indonesia namun masih sempat meluangkan waktunya untuk mengurusi mengenai sejarah dan budaya Simalungun bahkan aktif dalam penerbitan buku tulisan seorang Belanda bernama J.Tideman yang diberi judul : Simaloengoen yang saat ini masih dalam pengerjaan.

Haroan Bolon Simalungun ia bentuk dengan sungguh tersusun rapih sehingga semua rencana dilaporkan dengan baik juga arus uang masuk keluar dari sumbangan halak simalungun yang terkumpulkan demi kelancaran penerjemahan hingga proses cetaknya nanti yang merupakan kerja gotong royong dalam Haroan Bolon Simalungun,suatu kerja berat yang dilakoni oleh Bang James M. Purba Tanjung bersama Bapa Godang Frans Purba.

Obrolan santai dan beberapa kali ia selalu menekan saya agar terus pelihara ahap simalungun yang sudah ada dalam diri saya dan selalu mau berbagi pengetahuan saya tentang budaya dan sejarah Simalungun agar semua Halak Simalungun yang asli Simalungun namun malu mengaku Simalungun bisa juga bangga pada dirinya bahwa ia adalah seorang Simalungun tanpa perlu menyembunyikan identitasnya.

Pertemuan kami berlangsung sekitar 45menit dengan penuh obrolan santai namun sangat bermutu,saya dan Indah harus segera pulang maklum jagoan kami Vinz kami tinggalkan di rumah dan sedang dijaga oleh Lina,Pekerja Rumah Tangga di rumah kami.

Posted in Simalungun | Dengan kaitkata: , , , | 4 Comments »