Sevilla99 – www.sevilla99.wordpress.com

Tentang Papa,Mama dan Vincenzo Girsano Wong Tomarere Serta Semua Yang Terjadi Di Sekitar Kami

Tukar Menukar Wilayah Jajahan Pada Jaman Lampau

Posted by sevilla99 pada Februari 18, 2009

manhattan-skyline-pictureLihat Kota yang di samping ini…

Ini adalah Pulau Manhattan yang juga bagian dari New York.

Pulau Manhattan beserta New York pertama kali dibuka lahan oleh para perantau dari Belanda dengan menamakannya dengan nama New Amsterdam.

Jauh beribu-ribu kilo di sekitar laut Banda,seorang penjelajah bernama Captain Nathaniel Courthope dari Inggris menemukan pulau di samping Kepulauan Banda Neira pada tanggal 25 Desember 1616 dan langsung aja diklaim sebagai bagian dari Kerajaan Inggris walaupun pada pulau-pulau terdekatnya adalah dalam wilayah kekuasaan Belanda.

Karena terlalu dekatnya posisi Pulau Run dengan Belanda sehingga Belanda pun mencaploknya menjadi bagian dari Belanda pada 1620,hal ini jelas membuat Inggris berang dan mulai mengadakan semacam pertemuan tingkat tinggi antara Inggris dan Belanda yang kemudian menghasilkan Treaty of Breda yang mana Pulau Run menjadi milik Belanda dan Pulau Manhattan dan Kota New Amsterdam yang ada di bagian Amerika Utara menjadi milik Inggris yang kemudian diganti namanya menjadi New York yang dikenal sebagai Kota Dunia.

Lalu bagaimana dengan Pulau Run?pulau kecil yang jauh dari pembangunan pihak Pemerintah R.I bahkan Banda Neira saja lebih dikedepankan karena mempunyai obyek wisata,andaikan tidak ada sama sekali maka gak bakalan dilirik oleh Pemerintah R.I seperti Pulau Run tsb.

Pulau Run tetap tidak berganti nama sejak ditemukan oleh Kapten Inggris itu yg menamakan dengan nama Run Island.

Cerita tukar menukar wilayah jajahan antar penjajah umum dilakukan oleh para penjajah seakan-akan Tanah Jajahan tsb adalah milik nenek moyang mereka,contohnya adalah :

– Portugis meninggalkan Filipina dan Spanyol meninggalkan Ternate karena mereka bertukar tempat jajahan yaitu Portugis mengambil Ternate (sebelum dicaplok Belanda) dan Spanyol mengambil Filipina.

– Perjanjian antara Inggris dan Belanda, demi mendapatkan kembali Indonesia maka Belanda harus rela melepaskan Afrika Selatan,Srilanka dan Taiwan kepada Inggris dan Inggris mengembalikan Hindia Belanda (Indonesia) kepada Belanda kecuali Bengkulu,karena masih banyak observasi yg akan dilakukan oleh Inggris di Bengkulu terkait dengan flora di sana.

– Gerah dengan adanya kekuasaan Inggris yang nyempil di dalam wilayahnya di Hindia Belanda maka Belanda kemudian mengajak Inggris bertukar daerah jajahan yaitu Inggris menyerahkan Bengkulu kepada Belanda dan mengambil Temasek (sekarang Singapura) dari Belanda.

– Belanda,Inggris dan Jerman bertanggung jawab atas pemisahan atau pembagian seluruh daratan di Pulau Papua,belanda mengambil Papua yang kini menjadi bagian NKRI dan Papua Nugini diambil oleh Inggris dan Jerman,Jerman berkuasa pada Papua Nugini utara dan Inggris pada Papua Nugini selatan.

– Hongkong dikembalikan Inggris kepada Pemerintah China setelah masa pakai Hongkong selesai.

– Macau dikembalikan Portugis kepada Pemerintah China juga setelah masa pakai Macao selesai.

Dan masih banyak lagi….

Yang paling tragis adalah ketika Indonesia mulai dijajah oleh Belanda…sesungguhnya Belanda sendiri sedang dijajah oleh Spanyol kisaran 1600-1700.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: