Sevilla99 – www.sevilla99.wordpress.com

Tentang Papa,Mama dan Vincenzo Girsano Wong Tomarere Serta Semua Yang Terjadi Di Sekitar Kami

Archive for Desember, 2008

Belajar Dari Induk Bebek Ini

Posted by sevilla99 pada Desember 31, 2008

ducksmiserablesewerje4Coba Anda perhatikan induk bebek ini,ia nampak begitu bahagia dengan 5 ekor anaknya,ia terdepan memimpin anak-anaknya juga sebagai pelindung mereka,namun apa yang terjadi ketika mereka melewati penutup saluran air itu?4 ekor anaknya tercebur ke dalam got dan ia pun berbalik seakan mencari-cari di mana 4 ekor anaknya kini berada.

Nampak induk bebek itu sedih melihat 4 ekor anaknya sudah berpisah dengannya dan mungkin untuk selamanya karena jika tidak ada yang menolong dengan mengangkat kembali 4 ekor anak bebek ini maka bisa dipastikan mereka akan segera mati.

Kesan yang pertama saya tangkap dari gambar ini adalah suatu foto yang membuat saya sedih dan prihatin dengan induk bebek itu karena 4 anaknya tercebur di dalam selokan,saya berharap semoga yang memotret ini mau membantu untuk mengangkat 4 anak bebek yang tercebur itu kembali pada induknya.

Ah..gimana pun saya tetap sedih jika melihat foto ini…saya jd mengingat ttg mama saya yang pergi meninggalkan kami karena dipisahkan oleh kematian dan kami anak-anaknya seperti tercebur di dalam got itu dan mama melihat kami dari atas bersama adik kami yang lain (mama saya pernah mengalami keguguran pada usia kandungan 3bulan ketika mengandung adik saya yg no.4).

Walaupun ajaran Kristen Protestan menyatakan bahwa setelah maut memisahkan antara orang yang hidup dan yang mati maka tidak ada hubungan apa pun lagi tp saya masih yakin bahwa mama tetap memperhatikan kami dari atas sana bersama Tuhan Yesus,Tuhan Juruselamat yang mama dan kami imani selamanya..

Selamat Tahun Baru 2009  Papa dan Alm Mama juga kepada Ivone Tomarere,William Tomarere dan Wenny Tomarere

Iklan

Posted in Pribadi | Leave a Comment »

Penampakan Tuhan Yesus?

Posted by sevilla99 pada Desember 31, 2008

31122008005Hari ini tanggal 31 Desember 2008 yang sebentar lagi kita akan berpindah ke tahun yang baru versi Masehi yaitu ke tahun 2009.

Namun penduduk kota Sorong terutama yang beragama Kristen (Protestan maupun Katholik) menjadi heboh dengan berita penampakan Tuhan Yesus di rumah di Jl.Kesehatan No.1 Kampung Baru atau tepat berhadapan dengan Rumah Sakit Umum Daerah Sorong.

Masyarakat Kota Sorong seakan-akan tanpa perlu digerakkan langsung berbondong-bondong menuju rumah tersebut untuk melihat spanduk Caleg Partai Demokrat Michael Wattimena,kenapa harus lihat spanduk Michael Wattimena itu?karena gambar penampakan Tuhan Yesus ada pada spanduknya dia..jadi posisinya begini yaitu di sebelah kanan terdapat gambar Presiden Susilo Bambang Yodhoyono sebagai Pembina Partai Demokrat dan di sebelah kanan terdapat foto Caleg Partai Demokrat untuk DPR RI yaitu Michael Wattimena dan ditengah-tengahnya terdapat gambar yang wajah “Tuhan Yesus” yang katanya hasil penampakan.

311220080061

Begitu antusiasnya umat kristen yang datang untuk menyaksikan “Penampakan Tuhan Yesus” itu membuat arus lalu lintas menuju ke arah Pasar Boswezen dari tepi Tembok Berlin menjadi macet karena sangat padatnya orang-orang di tepi jalan.

Indah juga begitu antusiasnya ingin melihat yang namanya “Penampakan Tuhan Yesus” itu sehingga saya dipaksa untuk ke tempat tersebut.

Bagi saya pribadi saya rasa itu hasil sablonan dan amat sangat bermuatan politik..kenapa?karena dengan tertempelnya gambar Tuhan Yesus di spanduk milik Caleg Demoktrat untuk DPR RI itu maka akan membuat pemikiran bagi para umat kristen yang datang ke sana bahwa Tuhan Yesus telah menunjukkan atau memerintahkan pada umat-Nya untuk mencoblos Michael Wattimena tersebut pada Pemilu 2009 nanti.

31-12-08_1053Namun bagi Indah,apa pun itu entah itu beneran Penampakan Tuhan Yesus ataupun sablonan saja yang jelas ia inginkan agar calon putra kami Vincenzo yang akan lahir dalam waktu dekat agar diberkati oleh Tuhan Yesus sehingga nantinya menjadi anak yang berbakti bagi Tuhan Yesus,Gereja,Lingkungan dan Bangsa Indonesia…Amien

Inilah Gambar Penampakan itu :

_nez_0234

Posted in Di Sekitar Saya | Dengan kaitkata: , , , , , , | 29 Comments »

Makan Siang di RM.Brastagi di Aimas

Posted by sevilla99 pada Desember 29, 2008

29122008Brastagi? koq di Aimas?bukannya Brastagi itu di Sumut atau tepatnya di Kabupaten Karo..wah jadi bingung ya….?

Di Aimas terdapat Rumah Makan Khas Karo yang dinamakan dengan asal Kila Bangun tersebut yaitu “Brastagi”.

Rumah Makan Brastagi mempunyai cita rasa makanan Khas Karo yang memang spesial dari menu Babi Panggang,Babi kecap,Babi Rica,Babi Saksang,Ikan Mas,Ikan Mujair dan beberapa varian makanan lainnya yang pasti akan membuat Anda suka dan ketagihan.

Awalnya saya dan Indah hanya ingin mencari makan siang di sekitaran kami karena td siang kami malas masak buat makan siang,namun seiring jalan eh terus hingga ke kota sebelah kami yaitu Aimas,apalagi Indah juga kyknya ngidam ingin makan di Rumah Makan Brastagi tsb maka berhentilah kami di sana untuk menikmati sajian Makanan Khas Karo tersebut.

Indah nampak benar-benar menikmati daging Babi Panggang yang dipesannya karena masih hangat alias Fresh From The Oven kali ya..hingga ga malu-malu buat nambah nasi 1,5 piring padahal kalo biasanya jangankan 1 piring,setengah piring pun ga habis alasan dah mual..dasar sukanya Babi Panggang Karo sih yang memang  dikenal di Sorong sebagai yang terbaik dihidangkan oleh Kila Bangun dan Nande Naibaho tersebut.

Good Luck RM.Brastagi dari Aimas..

Posted in Saya dan Indah | Leave a Comment »

Natal..Mabuk Dan Kemudian Tabrak Pagar Orang

Posted by sevilla99 pada Desember 28, 2008

25122008Sorong adalah daerah dengan mayoritas penduduk aslinya adalah penganut Kristen Protestan dengan Gereja Kristen Injili di Tanah Papua sebagai gereja suku di Papua.

Namun sayangnya Natal juga dirayakan dengan pesta miras dan kemabukkan,salah satunya yaitu foto di samping ini….

Saya mengantar Indah ke gereja untuk mengikuti ibadah Pagi tgl 25 Desember 2008 dan alangkah kagetnya saya karena Toko Kokas yang letaknya tepat di sebelah gereja kami Gereja Kristen Kalam Kudus Sorong pagar mereka ditabrak oleh mobil yang ga jelas milik siapa sehingga pagar mereka menjadi ringsek dan kaca mobil depan menjadi pecah..wah inilah akibat merayakan Natal dengan Mabuk-mabukan..

Posted in Di Sekitar Saya | Leave a Comment »

Natal Ikatan Keluarga Toraja Kota Sorong 2008

Posted by sevilla99 pada Desember 27, 2008

27122008005Akhirnya IKT (Ikatan Keluarga Toraja) Kota Sorong bisa melaksanakan Ibadah Raya Natal tahun ini 2008 setelah sempat absen selama 5tahun.Atas hasil kerja keras Ir.Daniel Malutte sebagai Ketua Panitia Natal IKT Kota Sorong berhasil mengumpulkan dana Rp.80.000.000 yang dipergunakan sebagai
biaya penyelenggaraan Ibadah Raya Natal juga sumbangan kasih bagi anak-anak Yatim Piatu yang telah disumbangkan kepada Panti Asuhan Pelangi di Sorong.

Ibadah Natal kali ini berjalan dengan hikmat dan bertempat di Gedung Oxigent Plant Sorong daerah Klademak I,setidaknya hampir 50% masyarakat Toraja hadir dalam ibadah Natal ini.Dengan kehadiran dan antusias masyarakat Toraja yang memang mayoritas adalah umat kristen menunjukkan bahwa masyarakat Toraja masih eksis dalam pergaulan masyarakat di kota Sorong.

Adalah Pdt.Mofu yang memimpin khotbah Natal kali ini yang mengajarkan bahwa sebagai anggota masyarakat kota Sorong maka umat Kristen terutama masyarakat Toraja harus bisa menjadi sarana pendamai di antara masyarakat kota Sorong yang semakin majemuk dan bhinekka ini.

IKT Kota Sorong terbagi dalam 4 Rayon dengan struktur organisasi yang teratur juga selain itu IKT Kota Sorong terbagi juga dalam arisan-arisan per kecamatan Toraja,misalnya nenek saya adalah berasal dari kecamatan Sangalla maka saya dan Indah tergabung dalam arisan Kerukunan Keluarga Sangalla.

Selain itu terdapat wakil dari Walikota Sorong yang diwakili oleh Ibu dari Dinas Bawasda juga wakil dari KKSS (Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan) Bapak Kumisi Abbas

27122008006Setelah berbagai Kata Sambutan maka akhirnya makan juga…namun kali ini ada yang berbeda dari yang biasanya yaitu yaitu tidak ada sajian daging Babi yang memang sudah menjadi makanan khas Toraja entah itu Babi Brenebon,Babi Kecap,Babi Rica atau Babi Bambu dan lain-lain..mungkin harga daging babi lagi mahal kali ya?

Waktu jam makan malam yang sudah terlewati lumayan lama sehingga membuat perut para hadirin sudah terlanjur sangat lapar dan minta diisi maka tidak heran begitu dipersilahkan untuk mengambil hidangan makan malam maka seluruh hadirin langsung menyerbu pada 6 meja yang disediakan oleh panitia agar tidak rebutan makanan namun tetap aja rebutan makanan karena perut memang dah laper banget.

Saya dan Indah maju terus..dorong sana dan sikut sini demi bisa mengambil makan malam kami dan akhirnya kami berhasil dan menikmati makan malam kami di Natal IKT tersebut, setelah jamuan kasih tersebut para hadirin dipersilahkan pulang ke rumah masing-masing..semua tertata dengan baik.

Para pemuda IKT diminta untuk tetap tinggal bersama Panitia Natal IKT Kota Sorong untuk sama-sama membersihkan Gedung Oxigent Plant karena besok Wakil Presiden Indonesia Bp.Jusuf Kalla akan hadir di gedung tersebut menjumpai Muspida Kota dan Kabupaten Sorong.

Tuhan Memberkati Seluruh Panitia Natal Ikatan Keluarga Toraja Kota Sorong…Amien

Posted in Pribadi | 1 Comment »

Spanduk Caleg Di Mana-Mana

Posted by sevilla99 pada Desember 27, 2008

20122008002Penduduk kota Sorong lagi pada Narsis-Narsisnya dan semua menjadi Malaikat yang tiba-tiba yaitu tiba-tiba jadi baik dan perhatian pada orang di sekitar mereka atau di lingkungan mereka.

Sorong dipenuhi dengan berbagai spanduk dan poster para caleg yang akan maju untuk memperebutkan kursi di DPRD II,DPRD I dan DPR RI.

Yang paling banyak dan paling narsis adalah si Maddukeleng yang merupakan Ketua DPD II PDK Kota Sorong,awal spanduknya bergaya seakan-akan artis ibukota yang sedang mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa,kemudian muncul lagi spanduknya yang lain dengan gaya yang masih sama dengan yang lama yaitu bergaya sok artis dengan menuliskan “You’re My Inspirations” dengan latar belakang gambar bapak proklamator kita Bp.Ir.Sukarno,anehnya dia bukanlah anggota partai PDIP melainkan PDK.

Nah spanduk terbarunya lalu muncul lagi dengan memakai baju khas Sulawesi Selatan demi mencari dukungan dari masyarakat Sulsel..usaha banget orang ini mo jd anggota DPRD II Kota Sorong..emangnya habis itu mau ngapain bos???

Masih banyak orang yang narsis lainnya yang sedang mencari dukungan dan mengambil hati para pemilih..saya sendiri masih melihat2 mana orang yang saya kenal baik dan memang baik hatinya bukan bohongan,bahkan ada beberapa caleg yang maju dalam pemilihan umum kali ini yang merupakan pelanggan kredit parabola saya..ada yang dari PPP dan juga dari PKPB serta Hanura…hahaha…

Yah semoga berhasil aja mendapatkan posisi yang Anda incar…

Posted in Di Sekitar Saya | Leave a Comment »

Malam Natal Yang Tak Biasa Di Gereja Kristen Kalam Kudus Sorong

Posted by sevilla99 pada Desember 25, 2008

21122008Saya adalah salah satu jemaat Gereja Kristen Kalam Kudus Sorong atau yang biasa disingkat menjadi GKKKS.

Keluarga besar kami dari pihak mama saya adalah salah satu pendiri hadirnya gereja ini di Sorong ketika seorang Pendeta bernama Pdt.Hendrik Tjiam diutus dari Ambon untuk membuka cabang Gereja Kristen Kalam Kudus di Sorong pada tahun 1985.

Opa saya Hans Taniels bersama-sama teman-temannya sesama penganut Kristen Protestan keturunan Tionghoa lantas membantu dan mendukung Pdt.Hendrik Tjiam untuk membuka cabang Gereja Kristen Kalam Kudus di Sorong dan kini telah berdiri mandiri lepas dari pengawasan Gereja Kristen Kalam Kudus Ambon sebagai induk gerejanya.Jadi GKKKS adalah tempat saya bergereja pertama kali,di”serah”kan pada Tuhan pada tahun 1987 dan Babtis+SIDI pada tahun 1998,hingga saat ini saya,Indah beserta keluarga saya masih menjadi jemaat gereja ini.

Jadi seumur hidup saya ini,maka saya sudah mengalami Natal sebanyak 26 kali (krn umur saya 27thn) dan semuanya saya rayakan bersama segenap jemaat GKKKS karena saya tidak pernah merantau keluar Sorong untuk melanjutkan pendidikan.

Namun ada yang berbeda semalam,apa itu?yaitu ibadah Malam Natal GKKKS kali ini berjalan layaknya ibadah hari minggu biasa tanpa ada Koor Natal,tanpa ada Drama Natal bahkan tidak ada Hidangan Kue atau Jamuan Kasih Malam Natal.

GKKKS selama ini dicap oleh gereja lain sebagai “Gereja Makan” karena selalu jika ada kegiatan maka akan ada acara Jamuan Kasih,memang tujuan kita ke gereja adalah untuk memuji Tuhan namun jika ada salah satu kebiasaan yang ada di gereja dihilangkan maka lumayan terasa juga yaitu Hidangan Jamuan Kasih Malam Natal itulah..bahkan sekedar kue pun tidak ada..

Kejadian ini sempat menjadi tanda tanya bagi para jemaat karena ini di luar kebiasaan GKKKS..pada laporan Ketua Panitia Ibu Emma Thio meminta maaf dan menyatakan bahwa akibat krisis moneter internasional menyebabkan pengiritan sehingga tidak ada hidangan makan malam bahkan kue pun ga ada dana..ini sungguh terlalu….

Semoga ada perubahan di masa yang akan datang dan kejadian ini tidak terulang lagi…

Posted in Pribadi | 4 Comments »

Sibuk Belanja Untuk Hidangan Malam Natal

Posted by sevilla99 pada Desember 24, 2008

23122008Kemarin benar-benar hari yang amat sangat panas di mana matahari menyinari kota Sorong,melihat kalender ternyata sudah tanggal 23  desember, jd harus kami ke Pasar Sentral Remu hari itu karena kalo kami datang pada tanggal 24 besoknya sudah tidak terkejar lagi mana malam ini akan ada ibadah malam Natal.

Saya dan Indah pun bergegas ke Pasar Sentral bersama dengan catatan kecil tentang bahan makanan apa saja yang akan kami beli di pasar.

Setiba di pasar,gile bener….pasar sentral sorong dijejali dengan ribuan orang yang juga mempunyai tujuan yang sama dengan kami yaitu mau belanja untuk hidangan malam Natal bersama keluarga masing-masing tentunya.

Perlahan-lahan saya dan Indah menerobos manusia-manusia yang menjejali Pasar Sentral,tercium berbagai aroma tubuh + keringat tentunya lalu panas yang terus menyinari sehingga ingin rasanya selalu mengipas tubuh dengan menggunakan kipas seadanya namun itupun sulit karena ruang untuk berdiri aja sulit.

Saya dan Indah langsung bergegas membeli ayam,sayur,bumbu dapur,telur ayam pada beberapa tempat berbeda yang artinya saya dan indah juga siap untuk sabar mengantri buat berjalan karena jalan yang ada memang sangatlah sempit.

Kami lalu membeli 2 buah ember yang rencananya untuk pakaian kotor dan bersih anak kami apabila akan lahir dalam bulan tua ini.

Cuaca yang panas,orang yang sedemikian banyaknya ditambah angkutan yang padat makin lengkaplah penderitaan semua pengunjung pasar sentral sorong kemarin,untuk angkutan pulang maka Indah menelpon salah satu sopir angkot milik bapak saya dan setelah menunggu 30 menit baru sopir kami tsb tiba di pasar dan mengangkut Indah pulang ke rumah sedangkan saya ikuti dari belakang dengan motor kami.

Semuanya demi Hidangan Malam Natal Keluarga kecil kami….

Posted in Saya dan Indah | Leave a Comment »

Sudahkah Anda Bersyukur?

Posted by sevilla99 pada Desember 22, 2008

Manusia hidup di dunia bukan hanya untuk senang dan gembira namun juga Tuhan memberikan banyak ratap,tangis dan kepedihan karena itu manusia ditantang untuk dapat menghadapi itu semua.Semakin kuat tantangan yang dapat kita hadapi maka akan makin menguatkan kita.

Pernahkah Anda melihat pelangi yang indah di angkasa?tahukah anda sebelum pelangi itu hadir menghiasi awan maka apa dulu yang kita hadapi?tentu saja hujan,badai dan mendung membuat kita mencari tempat berteduh agar tidak basah kehujanan namun setelah hujan reda terdapat pelangi yang indah menghiasi di awan.

Demikian juga hidup manusia, semua dibalik kedukaan,air mata dan penderitaan maka yakinlah kita bahwa Tuhan mempunyai rencana yang sedemikian indah bagi kita.Seperti ilustrasi di atas yaitu setelah badai duka dan penderitaan menempa hidup kita maka asal kita mampu menghadapinya maka akan ada awan pelangi yang hadir di hadapan kita.

Karena itulah selalu bersyukur dan teruslah bersyukur serta kuat menghadapi semua masalah demi masalah.

Saya dengan wajah yang pas-pasan tp badan overweight tidak pernah punya pacar ketika masih sekolah mulai dari smp dan smu tidak ada satupun ada cewek yang mau untuk saya pacari..bahkan setelah lulus dan bekerja pun tidak ada yang minat sama saya.Hal ini jelas meruntuhkan kepercayaan diri saya membuat saya sempat tidak yakin akan umur panjang dan kurang menghargai hidup.

Saya ketika itu tidak yakin bahwa saya akan menikah dalam usia yang ideal yaitu 26-28thn bagi seorang pria..semuanya seperti hanya mimpi apalagi jika melihat wajah dan badan saya yang big size..orang-orang pun seakan-akan tahu bahwa saya memang ga punya pacar jadi ngapain ditanyakan pada saya apakah saya punya pacar atau ga?

Tapi ternyata Tuhan mempunyai rencana yang baik bagi saya karena dalam usia 26thn saya menikah dan ini jelas mengagetkan banyak orang yang selama ini menganggap saya ga akan nikah pada usia ideal.Tuhan yang saya percayai memang tidak akan mempermalukan umatnya.Hingga saat ini masih banyak teman-teman pria saya yang wajah lumayan ganteng dan badan macho namun hingga saat ini tidak mempunyai hubungan yang jelas dengan pasangan-pasangan mereka…maka saya pun bersyukur atas berkat Tuhan.

Setelah menikah pada februari 2008 maka pada bulan Mei 2008 Indah dinyatakan positif hamil oleh dokter kandungan tempat kami memeriksakan kandungan Indah yaitu dr.Jemmy Chandra.SP.OG,puji Tuhan saat ini kandungan Indah sudah 8,5 bulan dan rencananya pada tanggal 15 Januari 2009 nanti akan melahirkan jagoan kami.

Saya sangat mensyukuri atas berkat ini karena ternyata saya dan indah sama-sama diberkati Tuhan sehingga diberikan kemudahan dalam hamil dan  jika tidak ada rintangan maka kami akan mempunyai anak bulan depan…Ada  teman arisan kami pada arisan Simalungun,ibu itu boru Purba Siboro dan suaminya marga Saragih Sumbayak,mereka telah 7tahun berumah tangga dan sangat ingin sekali mempunyai anak di rumah mereka dan yang lebih membuat mereka stress yaitu ketika hasil pemeriksaan di dokter ternyata mereka berdua sama-sama sehat dan bisa punya anak  namun sayangnya hingga saat ini ibu tersebut belum juga hamil..apakah saya tidak pantas bersyukur pada Tuhan atas berkat-Nya pada kami?

Kami bergerak dalam bidang penjualan produk parabola alias wiraswasta,pada awal pernikahan kami maka ada orang menawarkan kerjasama yang ternyata pada akhirnya ia menikam kami dari belakang membuat kami terlibat utang hingga 100 jutaan lebih dan harus dilunasi hingga sebelum tahun 2009.Hal ini benar-benar mengguncang saya dan Indah namun setelah mendengar khotbah Ev.Ricky Montang di gereja tentang pelangi di atas maka saya pun yakin bahwa kami mampu bisa melunasinya dan akan tersenyum lebar.Tuhan benar-benar tidak akan mempermalukan kami karena pelunasan nota bisa kami kejar dengan cepat sehingga pada tanggal 10 desember 2008 kemarin kami sudah bebas dari jeratan utang akibat terlalu mudah memberikan kredit pada orang..kami berdua kini bisa tersenyum dengan bangga karena bisa melunasi utang yang gedenya minta ampun itu..kami juga tersenyum dengan bangga karena mempunyai Tuhan yang hebat dan kami sangat bersyukur atas bantuan-Nya…

Masih banyak keajaiban-ajaiban dalam hidup kami yang di mana Tuhan berperan dengan sangat aktif,tanpa diduga dan bekerja  dengan luar biasa ajaibnya…Anda ingin tahu siapa Tuhan jagoan saya itu?nama-Nya adalah Tuhan Yesus Kristus Sang Juru Selamat dan merupakan tempat curhat terbaik di dunia ini..percayalah pada-Nya maka semua beban-beban Anda akan menjadi beban-Nya karena Ia memang ada untuk membantu semua masalah Anda…

Terima kasih atas semua berkat-Mu Tuhan Yesus bagi keluarga kami

Posted in Pribadi | Leave a Comment »

Mengapa Ada Istilah Pribumi dan Non Pribumi?

Posted by sevilla99 pada Desember 21, 2008

Sebagai seorang keturunan Tionghoa walaupun dah campuran dengan darah Toraja dan Kisar maka saya paling benci jika selalu mendengar istilah Indonesia Pribumi dan Indonesia Non Pribumi apalagi setidaknya Iwan Fals juga termasuk dalam sekelompok orang rasial dengan berbagai stiker atau poster dirinya dengan rambut panjang dan kriting kayak supermie lalu di bawahnya tertulis “Pribumi Asli”…

Hidup ini adalah hidup yang terus bergerak dan ber-evolusi,setiap orang akan mencari penghasilan yang lebih baik dalam hidupnya,anehnya selalu yang pojokkan dalam istilah non pribumi ini adalah kelompok orang keturunan Tionghoa bukan kelompok keturunan Arab,India atau bahkan Polandia seperti Tamara Blezinsky atau keturunan Yahudi seperti Nafa Urbach.

Orang Indonesia yang pribumi itu katanya..selalu memandang orang Tionghoa dari keberhasilan yang mereka miliki sekarang namun tidak pernah melihat ketika susahnya mereka dulu…hampir 100% orang Tionghoa saat ini yang ada di Indonesia dahulunya buyut mereka adalah orang miskin bahkan makan pun susah makanya mereka merantau ke seluruh dunia untuk mendapatkan penghidupan yang lebih baik itu pun dengan perjuangan yang luar biasa dan hasilnya mungkin baru bisa dirasakan oleh anak dan cucu mereka yang juga terus fight mempertahankan pencapaian yang ada.Maka mungkin istilah “Di mana ada asap maka di situ ada orang Tionghoa”…

Jika orang Tionghoa itu hidup enak ataupun bangsawan/saudagar di China sana dulu maka ia ga akan keluar merantau ke wilayah lain namun karena kemiskinan yang amat sangat membuat mereka harus merantau demi masa depan yang lebih baik,Opa saya merantau ke Indonesia dari Kanton namun hingga ia wafat ia tetap miskin dan menyesal telah datang ke Indonesia namun apadaya ia telah mempunyai 7 orang anak dari seorang istri yang berdarah Toraja asli..apa boleh buat terima kenyataan bahwa tetap menjadi orang miskin.

Saya td membaca sebuah artikel di milis InfoKaro yaitu milisnya orang Karo tentang ketidaksukaan bang Sinulingga karena pada lowongan kerja di harian Analisa di sana tertulis bahwa si pelamar harus wajib bisa berbahasa Hokian,lalu saya berpikir coba seandainya jika dibalik dan dibuat si pelamar wajib bisa berbahasa Karo belum tentu abang Sinulingga ini akan protes dengan keadaan ini karena merasa bahwa Karo adalah pribumi dan Hokian adalah Non-Pribumi.

Pribumi dan Non Pribumi adalah istilah yang ditanamkan oleh Belanda untuk memecahkan Indonesia saat lampau namun sayangnya masih dipelihara dengan baik oleh petinggi-petinggi negeri kita bahwa orang tionghoa jarang mendapatkan kesempatan yang lebih di jaman orde baru dahulu.Saat ini setahu saya posisi tertinggi dalam eksekutif di Indonesia yang dipegang oleh seorang Tionghoa barulah pada tingkat Bupati yaitu mantan bupati di Bangka dan Bupati Kab.Bintuni-Papua Barat saat ini yang dipegang oleh seorang Tionghoa blasteran Bintuni Papua yang bernama Drg.Alfons Manibui.

Kadang saya juga serba salah..sebagai seorang keturunan tionghoa dari suku Kanton maka saya kadang juga diledek “dasar cina kenapa tidak pulang sana ke China”  oleh orang “pribumi” non Papua sedangkan di lain pihak kadangkala juga ada orang “pribumi Papua” juga jika entah marah atau sok sombongnya naik suka mengatakan “kau ini sudah hidup dari tanah kami tp tidak menghargai kami” ketika saya menolak memberikan uang yang mereka minta untuk beli minuman dan mabuk atau menolak memberikan uang untuk sumbangan-sumbangan fiktif yang mereka buat.

Jadi saya kena diskriminasi 2 kali..pertama dari pribumi non Papua karena saya keturunan Tionghoa dan dari pribumi Papua karena saya bukan orang pribumi Papua walaupun saya sudah lahir,besar dan menetap di Tanah Papua ini 27thn berturut-turut seturut dengan umur saya saat ini,andai mereka tahu bahwa Opa dan Oma saya dari pihak ibu sudah masuk di Tanah Papua ini sejak tahun 1962 ketika Papua ini masih dalam cengkraman Belanda.

Saya kadang iri melihat Alberto Fujimori seorang keturunan imigran Jepang di Peru namun bisa menduduki puncak kekuasaan di Peru sebagi Presiden Peru sebanyak 2 kali atau juga duta besar Brazil saat ini untuk Indonesia yang juga diduduki oleh seorang keturunan imigran Jepan bernama Edmundo Suzzumu Fujita.Walaupun mereka berdua bukanlah pribumi Peru dan Brazil melainkan hanya keturunan imigran dari Jepang namun mereka mempunyai kebanggaan sebagai warganegara di negara mereka yang baru.Begitu pun dengan Carlon Menem seorang keturunan Syria yang pernah menjadi Presiden di Argentina…gimana dengan Indonesia?jangan harap….apalagi jika orang Tionghoa itu bukanlah muslim,waktu jaman Megawati mau naik jadi Presiden aja sempat dijegal dengan alasan bahwa Islam tidak membolehkan seorang wanita menjadi seorang pemimpin yang berkuasa atas pria..dasar agama yang tidak ada emansipasi pada wanita dan wanita harus bertekuk lutut di kaki pria..

Banyak perpindahan-perpindahan penduduk di dunia ini seperti orang Wales berpindah ke Petagonia Argentina,Orang Jawa ke Suriname dan Kaledonia Baru,Orang Bugis berlayar dan nyangkut di Madagaskar dan Afrika Selatan dan masih banyak lagi namun istilah pribumi dan non pribumi hanya bisa kita temukankan di negara kita yang norak,berotak picik dan kampungan ini yaitu NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA namanya…

Posted in Pribadi | 2 Comments »