Sevilla99 – www.sevilla99.wordpress.com

Tentang Papa,Mama dan Vincenzo Girsano Wong Tomarere Serta Semua Yang Terjadi Di Sekitar Kami

Antara Rental Playstation 2 Dengan Warung Internet

Posted by sevilla99 pada Agustus 31, 2009

Saya dan Indah berpikir untuk usaha sampingan selain penjualan parabola online,produk-produk papua online juga usaha yang dijalankan oleh Indah yaitu berjualan Bed Cover dan Sprei,maka kami pun melirik usaha lain yg bisa dijalankan di rumah tp tidak terlalu menyita waktu,saya adalah tipe orang yang suka bekerja di luar kantor alias gak punya bakat jadi orang kantoran,maka saya dan Indah pun melirik usaha Rental Playstation atau Warung Internet.

Dari sekian kali berpikir dan mencoba bertanya pada anak-anak usia SD yang jumlahnya lumayan banyak di sekitar rumah kami maka saya dan Indah mencoba memulai usaha rental Playstation 2 (selanjutnya PS2) dengan jumlah PS2 sebanyak 2 unit yang mana jelas menggunakan 2 pesawat televisi.

Awalnya pada hampir 4hari pertama sangatlah sepi krn tidak banyak yg tahu dan memang di mana-mana kayak gitu yaitu ketika memulai usaha pastilah sepi dulu dan orang melirik-lirik dulu baru kemudian datang menjajal rental PS2 yang kami buka,namun saya dan Indah kebetulan ada kesibukan lain sehingga sepinya rental PS2 kami tidak terlalu kami pikirkan namun tetap mengharapkan agar bisa ramai sih…hehehe…

Akhirnya pada hari ke 5 hingga skrg hari ke 26 jumlah pengunjung yang datang bermain game PS2 sangat ramai yang mana tentu saja tetap pelanggan cilik anak-anak SD-lah adalah penguasanya.

Jika dibandingkan antara Rental PS2 dengan Warnet maka sebenarnya Rental PS2 jauh lebih menguntungkan dengan perbandingan sbb :

  1. Warnet membutuhkan Komputer lengkap dengan spesifikasi yg kalo bisa harus tinggi dengan perkiraan harga 1 perangkat komputer lengkap termurahnya Rp.4.500.000 sedangkan PS2 slim lengkap + TV paling mahal adalah Rp.3.000.000.
  2. Warnet membutuhkan koneksi internet yang harus kencang dan stabil dengan biaya bulanannya tidak lebih dari Rp.2.000.000,Rental PS2 hanya membutuhkan pembersih DVD agar DVD terus bersih dan game bisa berlangsung dengan stabil tanpa ngadat di tengah permainan dengan harga pembersih DVD itu per botolnya Rp.25.000
  3. Warnet tentu membutuhkan AC yang adem sedangkan Rental PS2 sih anak-anak kalo main gak perlu AC yang penting mata melotot melihat TV sambi jari-jari tangan asyik memencet stick.
  4. Warnet tentu membutuhkan Meja Komputer sedangkan Rental PS2 gak masalah TVnya di letakkan di lantai.
  5. Kursi di Warnet adalah wajib,di Rental PS malah kursi dijauh dan duduk bersila depan TV di atas tikar/karpet.
  6. Warnet perjamnya di sorong Rp.10.000 sedangkan Rental PS2 perjamnya Rp.5.000,dengan modal yg berbeda jauh namun penerimaan hanya selisih 2x dari penerimaan warnet.
  7. Komputer warnet terancam berbagai macam varian Virus yg menyerang Windows sedangkan PS2 gak ada Virus tuh….
  8. Komputer sedot listriknya lumayan banyak sehingga tagihan listriknya juga tinggi sedangkan TV + Playstation2 Rental PS2 listrik malah masih bisa di-share dengan Kulkas,Dispenser,AC dan Rice Cooker dalam rumah apabila membuka rental PS2nya di rumah.
  9. Namun Rental PS2 membutuhkan keahlian untuk men-service Stik PS atau juga Optik PS2 jika rusak dan juga sering beli DVD Game baru apabila DVD Game kita rusak atau mungkin sudah ketinggalan jaman terutama pada game Winning Eleven namun tetap saja biaya perawatan PS2 jauh lebih murah ketimbang apabila monitor,keyboard,mouse,LAN Card,Power Supply dari komputer dari warnet rusak.

Untuk perbandingan antara Rental PS2 dengan Rental Game Online saya blm coba,maklum saya blm pernah main game online sih..hehehe….

Jadi yang ingin usaha sampingan saya rasa usaha Rental PS2 masih menjanjikan untuk 2-3tahun ke depan,selain itu juga pesawat TV dan PS2 yang kita miliki gak akan mati modal karena jika usaha kita sepi dan memaksa kita harus untuk menutupnya maka pesawat TV dan PS2 yang ada   masih bisa kita jual kembali dengan harga terendah adalah 50% dari harga kita beli dulu,tinggal 50% kerugian dari harga beli dulu ditutupi dengan keuntungan selama membuka rental PS2 dulu…hehehe..jd tetap gak rugi donk….

18 Tanggapan to “Antara Rental Playstation 2 Dengan Warung Internet”

  1. nuhun u atas tulisannya yg menarik…
    kenalkan sy Agus Suhanto

  2. Dany Tupama Saragih said

    hmmm..

    mantrap bang..

  3. Salam kenal….. :-)
    kebetulan ku buka usaha rental PS 2 ama warnet di rumah. Dan pendapat anda benar dalam hal ini. PS 2 lebih menguntungkan daripada warnet. Ku cuma mau kasih tips aja disini. Gunakan pesawat PS2 untuk pemakaian 3 jam setelah itu istirahatkan (cabut stop contact) selama 1 jam. Hal ini supaya pesawat PS 2 tidak panas dan akhirnya merusak optic. Terutama untuk PS2 slim… yang tidak memiliki kipas pendingin dibagian belakangnya.
    Itu saja sekedar informasi yang bisa saya bagi. Semoga usahanya sukses… GBU

  4. adreano said

    kalo buka rental PS3 Gmn bang?? kan msh luas bgt tuh pasarnya, krn msh jarang bgt yg punya rental PS3….

    salam kenal

    • sevilla99 said

      Terima kasih sarannya bro…..
      untuk PS3 harganya masih selangit demikian juga dengan aksesoris (stik,cd game dll) juga masih langka tidak seperti PS2…
      jadi sejauh ini pangsa pasar PS2 masih tetap aman di sini….

      Salam kenal bro adreano :)

  5. Anto said

    Salam kenal…..
    Kebetulan ku buka usaha rental PS 2 ama warnet di rumah sudah 1 thn ini. Saat ini aku punya 3 unit ps2 yang dipegang Istriku sedangkan 2 unit aku titipkan di adik iparku yang tempatnya lain kota . Untuk mengantisipasi kehilangan mesin ps2 dan memory card aku buat rangkaian dengan mengorbankan multitap yang aku punya. Di depan pemain ps2 hanya ada stik dan ps2. Lebih jelasnya kunjungi html://www.shasa1202.multiply.com

  6. JOJOBA AL Katili said

    ok banget tulisannya…
    kalu aku setuju dengan apa yg di tulis diatas karena aku memang sedang buka usaha rental PS2, aku punya 3 unit PS2 and sampe skarang modalnya udah kembali dan pendapatannya lumayan jika dibandingkan dengan warnet yg di tempat saya Rp.3000 perjam sama dengan rental ps2 rp.3000/jam.

  7. Yudha said

    Hebat uey,,,, moga2 maju semua. Rental PSku ada 7 set,. tp cape betulin stiknya, bkali ada yang bisa kasih kursus perbaikan stik.
    atau kalau ada yang punya lokasi bagus dirumanya, boleh kerjasama, saya stok ps2+TV ada, pokoknya siaplah. E-mail: y_wiranata99@yahoo.com

  8. rudy setyawan said

    mas kalok mw buka rental PS2 kira2 modalnya berapa yaw!!!!??

  9. kabarnya bisnis warnet game online lbh menjanjikan drpd bisnis ps2. bbrp tempat, bisnis ps2 tutup gara2 ada game online.

    • Jambrong said

      Tergantung lokasi, ada yang bagus buat warnet ada yang cocok buat ps, misal di lokasi kampus/univ baiknya warnet, tp di perum padat penduduk ya ps.

  10. arda_messi said

    yupz.. ane setuju gan.. tp ada kiat2 khusus g untuk usaha rental ps2?

  11. ady said

    nc kan uda 2013 kira-kira terlambat ga lo mau buka penyewaan PS sekarang.

  12. ady said

    sekarang lo mau bka terlmbt ga ya

  13. mantep gan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: